PERERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SQUARE DENGAN MEDIA LKS TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ALJABAR KELAS VIII


Author (Penulis)

ALFIN NOOR KAUKABA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0088

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran Matematika masih didominasi oleh peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari kurang aktifnya siswa pada saat pembelajaran yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan model pembelajaran Think Pair Square dengan menggunakan media LKS dapat meningkatan keaktifan siswa kelas VIII-K pada pokok bahasan aljabar di MTsN Kanigoro Kras? (2) Apakah penerapan model pembelajaran Think Pair Square dengan menggunakan media LKS dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas VIII-K pada pokok bahasan aljabar di MTsN Kanigoro Kras? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa pada kelas VIII K MTsN Kanigoro. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi keaktifan siswa dan tes hasil belajar siswa. Kesipulan hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran Think Pair Square dengan menggunakan media LKS dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pokok bahasan aljabar di kelas VIII K MTsN Kanigoro. (2) Penerapan model pembelajaran Think Pair Square dengan menggunakan media LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan aljabar di kelas VIII K MTsN Kanigoro. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan untuk mendesain kegiatan pembelajaran selanjutnya. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah pembelajaran kooperatif dengan model Think Pair Square dan menggunakan media LKS sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa. Kata kunci: kooperatif, Think Pair Square, LKS, keaktifan, hasil belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI