Profil Creative Thinking Siswa SMP Pawyatan Daha 1 Kediri Kelas VIII dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gender
Author (Penulis)
ELMI HARDIYANTI DEWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0087
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengalaman peneliti, bahwa dalam pembelajaran matematika masih berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan siswa hanya terpaku pada cara yang diberikan oleh guru. Guru kurang memperhatikan kemampuan berpikir siswa, khususnya kemampuan Creative Thinking / berpikir kreatif siswa. berpikir kreatif siswa merupakan kemampuan untuk menghasilkan banyak gagasan dan ide baru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam profil Creative Thinking siswa SMP Pawyatan Daha 1 Kediri kelas VIII A yang di tinjau dari gender. (2) Bagaimanakah profil Creative Thinking siswa perempuan SMP Pawyatan Daha 1 Kediri kelas VIII A dengan model Problem Based Learning dalam menyelesaikan masalah matematika. (3) Bagaimanakah profil Creative Thinking siswa laki-laki SMP Pawyatan Daha 1 Kediri kelas VIII A dengan model Problem Based Learning dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Pawyatan Daha 1 kediri. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Pada akhir pertemuan kedua siswa diberikan tes untuk mengetahui Creative Thinking siswa. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, lembar observasi guru dan siswa, serta lembar wawancara. Kesimpulan (1) pembelajaran PBL mampu melatih siswa untuk berpikir kreatif yaitu mampu melatih siswa untuk mengemukakan ide-ide dalam menyelesaikan masalah matematika. (2) kemampuan Creative Thinking siswa perempuan secara umum pada kategori cukup baik. (3) kemampuan Creative Thinking siswa laki-laki secara umum pada kategori baik. Sehingga dari hasil simpulan tersebut dapat dilihat bahwa kemampuan Creative Thinking siswa laki-laki lebih unggul dari pada siswa perempuan.