Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan pendekatan scientific untuk meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan logaritma siswa kelas x smk kristen ybpk pare tahun pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

RETNO ARIS SETIYAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0086

Abstract

Abstrak RETNO ARIS SETIYAWAN:Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) DenganPendekatan Scientific Untuk Meningkatkan HasilBelajarpada Pokok Bahasan Logaritma Siswa Kelas X SMKKristen YBPK Pare TahunPelajaran 2016/2017, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SMK masih di dominasi oleh aktivitas klasikal dengan di dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari hasilbelajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil pembelajarannya pun rendah.Permasalahanpenelitian ini adalah (1) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray(TSTS) dengan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasilbelajar pokok bahasan Logaritmasiswa kelas X SMK Kristen YBPK Pare?(2) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS)dengan pendekatan scientific pokok bahasan Logaritmasiswakelas X SMK Kristen YBPK Pare yang dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X SMK Kristen YBPK Pare. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 pertemuan, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, LKS, pretsest dan posttest. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Berdasarkan analisis data bahwasig (2-tailed) < , maka ada peningkatan hasilbelajar siswa menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan pendekatan scientific kelas X SMK Kristen YBPK Pare (2) berdasarkan aktivitas guru dalammenggunakan model pembelajaran tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan pendekatan scientificpadapertemuan 1 adalah 66,67% dalam kategori cukup, pertemuan 2 adalah 87,5% dalam kategori sangat baik. Sedangkan untuk aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan Two Stay Two Stray (TSTS) dengan pendekatan scientific mengalami peningkatan disetiap pertemuannya, pada pertemuan I sebesar 70,48% dalam kategori baik, pertemuan II sebesar 73,85% dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan pendekatan scientificterlaksana dengan baik. Kata kunci: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dengan pendekatan Scientific, HasilBelajar, Logaritma.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-20

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI