PROSES BERPIKIR SISWA DALAM GENERALISASI MASALAH POLA BILANGAN BERDASARKAN GENDER


Author (Penulis)

MAR'ATUS SHOLICHAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0085

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran tentang pola menjadi pusat dari seluruh pembelajaran matematika. Membuat generalisasi dalam memecahkan masalah merupakan salah satu standar yang sangat dibutuhkan dalam pembelajaran matematika. Kemampuan generalisasi tidak hanya dibutuhkan ketika mempelajari matematika maupun pelajaran lain di sekolah, namun juga dangat dibutuhkan pada saat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses berpikir siswa laki-laki dan perempuan dalam generalisasi masalah pola bilangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan tes dan melakukan wawancara berdasarkan hasil tes yang telah dikerjakan oleh subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek laki-laki melakukan generalisasi dengan cara: (1) Tahap Perception of Generality, yaitu memahami masalah dengan cara membaca soal. (2) Tahap Expression of Generality, yaitu membuat rencana untuk memecahkan masalah tersebut dengan menggunakan yang diketahui untuk mencari keteraturan pola yang nantinya akan digunakan untuk mencari yang ditanyakan. (3) Tahap Symbolic Expression of Generality, yaitu menyelesaikan masalah dengan menggunakan dugaan awal yang diperoleh dan menggunakan data-data yang dapat mendukung untuk membuat generalisasi. (4) Tahap Manipulation of Generality, yaitu mendapatkan kesimpulan yang valid. Sedangkan subjek perempuan melakukan generalisasi dengan cara: (1) Tahap Perception of Generality, yaitu memahami masalah dengan cara membaca soal. (2) Tahap Expression of Generality, yaitu membuat rencana untuk memecahkan masalah tersebut dengan menggunakan yang diketahui untuk mencari keteraturan pola yang nantinya akan digunakan untuk mencari yang ditanyakan. (3) Tahap Symbolic Expression of Generality, yaitu menggunakan data-data yang dapat mendukung untuk membuat generalisasi. (4) Tahap Manipulation of Generality, yaitu menggunakan hasil generalisasi yang telah ditemukan untuk menyelesaikan masalah dan mendapatkan kesimpulan yang valid. Kata Kunci: Generalisasi Matematis, Pemecahan Masalah, Pola Bilangan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI