EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA KELAS 10 SEMESTER 1


Author (Penulis)

RAHAYU DWI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0084

Abstract

Rahayu Dwi Lestari: Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Kelas 10 Semester 1. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa rendah dikarenakan siswa kesulitan menemukan alternatif cara penyelesaian masalah matematika yang berkaita dengan kehidupan nyata. Dengan adanya penggunaan model Project Based Learning, diharapkan kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat. Sehingga peneliti merumuskan permasalahan penelitian yaitu bagaimana penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA pada materi Persamaan Garis Lurus dan bagaimana efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA pada materi Persamaan Garis Lurus. Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen Pretest-Postest Control Group Deign dengan subyek penelitian siswa kelas X-A SMA Negeri 1 Kediri. Dari peneitian ini di dapatkan hasil rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 36,5. Peneliti memberikan perlakuan kepada kelas eksperimen dengan model Project Based Learning dengan nilai tugas proyek siswa mencapai 80% masuk kategori baik sehingga rata-rata postest kelas eksperimen meningkat menjadi 94,5. Hasil observasi aktivitas siswa kelas eksperimen diperoleh 100% aktif dan observasi aktivitas guru kelas eksperimen pertemuan diperoleh 93,20% yaitu masuk dalam kategori baik, sedangkan untuk hasil keterlaksanaan syntax pembelajaran diperoleh 87,50% masuk kategori baik. Hasil respon minat dan motivasi siswa mencapai 82,19% yaitu masuk dalam kategori sangat baik. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dilihat dari nilai N-Gain kelas eksperimen > 0,7 kategori tinggi. Dari hasil penelitian yang di dapatkan menunjukkan siswa tuntas KKM secara klasikal, siswa aktif dalam pembelajaran, dan respon siswa baik terhadap Project Based Learning maka dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA kelas 10 semester 1. Kata Kunci : Efektivitas, Project Based Learning, Persamaan Garis Lurus, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI