IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA KELAS VIISMP NEGERI 1 PAPAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL ARITMATIKA SOSIAL
Author (Penulis)
RETNO ANDINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0082
Abstract
Retno Andini, Identifikasi Kesulitan Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Papar Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sampel siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Papar. Untuk pengambilan subjek penelitian dibagi dalam tiga tingkatan yaitu tingkat kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian dilaksanakan selama 2 hari, menggunakan instrument berupa RPP, tes tertulis dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial ditinjau dari kompetensi dasar dan indikatornya, siswa mengalami kesulitan pada indikator menentukan harga beli dan indikator menentukan harga jual. (2) kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial ditinjau dari pengetahuan terstruktur meliputi kesulitan dalam hal linguistic dengan ditunjukkan dari kesalahan siswa dalam menentukan apa yang diketahui ataupun ditanyakan dalam soal. Kesulitan dalam hal schematic ditunjukkan dari kesalahan siswa dalam menentukan operasi hitung. Kesulitan dalam hal strategic dengan ditunjukkan dari kesalahan siswa dalam menentukan rumus dan yang terakir kesulitan dalam hal algorithmic dengan ditunjukkan dari kesalahan siswa dalam menggunakan rumus atau salah dalam mensubstitusikan nilai yang diketahui kedalam rumus dan kesalahan pada proses perhitungan.
Kata kunci: Identifikasi, Kesulitan Siswa, Aritmatika Sosial.