EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE BERBANTU LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

DITTY LETI PRISCELLA HADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0081

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SMP masih cenderung pada pencapaian target materi kurikulum dengan didominasi pada peran guru. Akibatnya, pembelajaran kurang dapat diterima oleh siswa dan kurang mengasyikkan. Permasalahan penelitian ini adalah: (1) Apakah model pembelajaran think pair and share berbantu lembar kerja siswa berbasis masalah pada materi pokok fungsi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kediri?; (2) Apakah model pembelajaran think pair and share berbantu lembar kerja siswa berbasis masalah efektif pada materi pokok fungsi?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif menggunakan one group pretest posttest design dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kediri yang berdistribusi normal. Penelitian dilaksanakan dalam 6 pertemuan, menggunakan instrument berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, angket respon siswa, dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Ada peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share berbantu lembar kerja siswa berbasis masalah pada materi fungsi kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Kediri; (2) Melalui penggunaan model pembelajaran think pair and share berbantu lembar kerja siswa berbasis masalah dapat efektif. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji Paired Sample t-Test dengan taraf signifikasi 5% dari derajat df 34 diperoleh taraf sig. (2 tailed) sebesar 0,000. Karena sig. (2 tailed)< signifikasi 5% atau 0,05 sehingga H0 ditolak, dapat disimpulkan ada peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share berbantu lembar kerja siswa berbasis masalah pada materi fungsi kelas VIII SMP Negeri 3 Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI