ALTERNATIF SOLUSIDALAM MENGATASI FOBIA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI BIMBINGAN KHUSUS DI SMPN 1 PAPAR TAHUN 2016-2017


Author (Penulis)

LAILIA KURNIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0080

Abstract

Lailia Kurniawati. Alternatif Solusi Dalam Mengatasi Fobia Matematika Melalui Bimbingan Khusus Di SMP Negeri 1 Papar Tahun 2015/2016, Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Dalam matematika banyak kasus dimana siswa takut pada mata pelajaran matematika, dimana ketakutan ini berlangsung secara terus-menerus dan mengakibatkan siswa memiliki fobia pada pembelajaran matematika. Fobia pada matematika ini mengakibatkan siswa tidak bisa mempelajari matematika dengan fokus dan hasilnya nilai mereka tidak bisa memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Faktor-faktor apa asaja yang menpengaruhi fobia siswa terhadap pembelajaran matematika, (2) Apakah bimbingan khusus efektif dalam mengatasi fobia pembelajaran matematika pada diri siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII-D SMPN 1 Papar. Sampel dalam penelitian ini adalah 6 siswa dari kelas VII-D, yang jumlah keseluruhannya terdapat 38 orang siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dari instrumen berupa Data angket, wawancara, dan hasil observasi. Berdasarkana hasil analisis data, simpulan data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Pada dasarnya di kelas VII-D siswa yang memiliki rasa takut terhadap pembelajaran matematika dapat diklasifikasikan menjadi 3 tipe, yaitu fobia rendah, fobia sedang, dan fobia tinggi. Dari klasifikasi tersebut dapat dikatakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi fobia pada matematika, yaitu faktor kepribadian ( psikologis atau emosional ), faktor lingkungan atau sosial , dan faktor intelektual. (2) Bimbingan khusus efektif dalam alternatif solusi mengatasi fobia pada matematika, ini terbukti dari hasil belajar siswa yang mengalami fobia terhadap matematika sebelum dan sesudah diadakannya bimbingan khusus mengalami peningkatan dalam hasil belajar. KATA KUNCI : Fobia pada pembelajaran matematika, alternatif bimbingan khusus

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI