PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA KELAS 10 SEMESTER 1


Author (Penulis)

MAZIDAH ASNAFI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0079

Abstract

ABSTRAK Rendahnya pemahaman konsep matematika siswa menjadi latar belakang peneliti dalam melaksanakan penelitian, selain itu penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang menarik dan cenderung berpusat pada guru, sehingga siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan berpikir secara maksimal. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematika siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay pada materi logaritma untuk siswa SMA kelas 10 semester 1, (2) untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematika siswa sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay pada materi logaritma untuk siswa SMA kelas 10 semester 1, (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay CRH) terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMA kelas 10 semester 1 pada materi logaritma. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Berdasarkan hipotesis maka digunakan uji t one group pretest posttest design dengan berbantuan SPSS 22 for Windows. Sebelum dilakukan uji t maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas varians. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) pemahaman konsep matematika siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay pada materi logaritma untuk siswa SMA Kelas 10 semester 1 masih tergolong rendah yaitu sebesar 3,7% , (2) pemahaman konsep matematika siswa sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay pada materi logaritma untuk siswa SMA kelas 10 semester 1 mengalami peningkatan sebesar 66,6%, (3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMA kelas 10 semester 1. KATA KUNCI : Course Review Horay (CRH), Kooperatif, Pemahaman Konsep.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI