Pengaruh Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 PAPAR tahun 2016/2017


Author (Penulis)

NURMA ADYA RAHMAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0077

Abstract

Pengaruh Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 PAPAR tahun 2016/2017 Nurma Adya Rahmayati 12.1.01.05.0077 FKIP – Pendidikan Matematika Nurmaadyarahmayati@gmail.com Drs. Darsono, M.Kom dan Lina Rihatul Hima,S.Si., M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK NURMA ADYA RAHMAYATI : Pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar materi operasi hitung pecahan dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Talking Stick pada siswa kelas VII SMPN 2 PAPAR Tahun Ajaran 2016/2017 , Skripsi, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pegaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Talking Stick (2) Mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick (3) Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Penelitian dilakukan di SMPN 2 PAPAR tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Penelitian ini melibatkan 36 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data setelah perlakuan dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa yang berbentuk uraian. Untuk menjawab permasalahan diatas digunakan observasi guru dan siswa, analisis regresi linier sederhana dengan taraf signifikan 5% (0,05) Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) ada pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan nilai sig 0,013 (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terlaksana dengan sangat baik (3) hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick diperoleh data 26 siswa tuntas KKM dan 10 siswa tidak Tuntas KKM KATA KUNCI : Keaktifan Siswa , Hasil belajar, Model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI