Pengaruh Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 PAPAR tahun 2016/2017
Author (Penulis)
NURMA ADYA RAHMAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0077
Abstract
Pengaruh Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 PAPAR tahun 2016/2017
Nurma Adya Rahmayati
12.1.01.05.0077
FKIP – Pendidikan Matematika
Nurmaadyarahmayati@gmail.com
Drs. Darsono, M.Kom dan Lina Rihatul Hima,S.Si., M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
NURMA ADYA RAHMAYATI : Pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar materi operasi hitung pecahan dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Talking Stick pada siswa kelas VII SMPN 2 PAPAR Tahun Ajaran 2016/2017 , Skripsi, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pegaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Talking Stick (2) Mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick (3) Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick.
Penelitian dilakukan di SMPN 2 PAPAR tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Penelitian ini melibatkan 36 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data setelah perlakuan dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa yang berbentuk uraian. Untuk menjawab permasalahan diatas digunakan observasi guru dan siswa, analisis regresi linier sederhana dengan taraf signifikan 5% (0,05)
Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) ada pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan nilai sig 0,013 (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terlaksana dengan sangat baik (3) hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick diperoleh data 26 siswa tuntas KKM dan 10 siswa tidak Tuntas KKM
KATA KUNCI : Keaktifan Siswa , Hasil belajar, Model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick.