IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN ALJABAR


Author (Penulis)

RENDY SETIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0075

Abstract

ABSTRAK RENDY SETIAWAN : Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Aljabar. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan, bahwa peserta didik kurang memahami konsep bentuk aljabar berupa pemahaman tentang perbedaan kostanta, koefisien, variabel dan suku pada bentuk aljabar. Dalam proses pembelajaran matematika salah satu strategi pembelajaran yang tepat yaitu dengan pembelajaran berbasis masalah. Adanya pembelajaran berbasis masalah ini memungkinkan peserta didik akan mencari informasi terkait dengan masalah yang dihadapi dengan cara membangun informasi sendiri dari pengetahuan yang sudah diketahui maupun dialami kemudian di gabungkan dengan pengetahuan yang baru didapat, menjadi pengetahuan baru..Dengan adanya penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Learning, diharapkan nilai pada pokok bahasan aljabar dapat meningkat.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekan kuantitatif menggunakan teknik eksperimen dengan bentuk Posttest-Only Control Desing, dengan sampel kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan dalam 2 pertemuan, menggunakan instrument RPP, angket tanggapan peserta didik dan postets.Berdasarkan hasil penelitian didapat hasil angket tanggapan peserta didik sebesar 77,96% dari yang diperoleh, dengan hal ini memenuhi sarat ketuntasan klasikal sebesar 70%, karena 77,96% > 70%. Sedangkan untuk data postets nilai rata- rata kelas eksperimen sebesar 81,18 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 67,89 dan hasil uji t didapat sig( 2-tailed) yaitu 0,000 < . Dapat disimpulkan ada pengaruh hasil belajar peserta didik dari kelas yang mengggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL) dan yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL). Kata Kunci : Model pembelajaran Problem Based Learning, Aljabar, Hasil belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI