EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF
Author (Penulis)
PUSPITA SARI PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0074
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kemampuan berfikir kreatif siswa pada
materi statistika dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment
Interaction (ATI) lebih baik daripada model pembelajaran Missouri Mathematics
Project (MMP) (2) mengetahui terdapat perbedaan hasil belajar siswa ditinjau dari
kemampuan berfikir kreatif tinggi, sedang dan rendah (3) mengetahui yang lebih
efektifitas antara model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dan
Missouri Mathematics Project (MMP). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan subyek kelas XI IPA II dan XI IPA III SMA Negeri 6 Kediri. Pengambilan
data dilakukan dengan cara menggunakan tes angket kuisioner, lembar observasi
siswa, lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar siswa. Analisis data yang
digunakan adalah analisis variansi dua kali tiga yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu
uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan kajian teori dan hasil analisis
sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) Kemampuan berfikir kreatif siswa pada
materi statistika dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment
Interaction (ATI) lebih baik daripada model pembelajaran Missouri Mathematics
Project (MMP) (2) Kemampuan berpikir kreatif siswa untuk kategori tinggi pada
sehingga pada semua aspek secara umum tidak mengalami kesulitan.
Sedangkan kemampuan berpikir kreatif siswa untuk kategori sedang pada
aspek berpikir lancar berada pada kriteria sangat baik. Sedangkan kemampuan
pada aspek berpikir luwes, aspek berpikir orisinal dan aspek berpikir elaborasi
berada pada kriteria baik dan kemampuan berpikir kreatif siswa untuk kategori
rendah secara keseluruhan berada pada kriteria kurang baik (3) Model
pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) lebih efektifitas dibandingkan
model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP).
Kata kunci: Model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI), model
pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), ke
mampuan berfikir kreatif, hasil belaja