EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF


Author (Penulis)

PUSPITA SARI PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0074

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi statistika dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) lebih baik daripada model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) (2) mengetahui terdapat perbedaan hasil belajar siswa ditinjau dari kemampuan berfikir kreatif tinggi, sedang dan rendah (3) mengetahui yang lebih efektifitas antara model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dan Missouri Mathematics Project (MMP). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subyek kelas XI IPA II dan XI IPA III SMA Negeri 6 Kediri. Pengambilan data dilakukan dengan cara menggunakan tes angket kuisioner, lembar observasi siswa, lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua kali tiga yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan kajian teori dan hasil analisis sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) Kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi statistika dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) lebih baik daripada model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) (2) Kemampuan berpikir kreatif siswa untuk kategori tinggi pada sehingga pada semua aspek secara umum tidak mengalami kesulitan. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif siswa untuk kategori sedang pada aspek berpikir lancar berada pada kriteria sangat baik. Sedangkan kemampuan pada aspek berpikir luwes, aspek berpikir orisinal dan aspek berpikir elaborasi berada pada kriteria baik dan kemampuan berpikir kreatif siswa untuk kategori rendah secara keseluruhan berada pada kriteria kurang baik (3) Model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) lebih efektifitas dibandingkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Kata kunci: Model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI), model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), ke mampuan berfikir kreatif, hasil belaja

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI