PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH KELAS X POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT


Author (Penulis)

ZULFAN JA'FAR SIDIQ
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0073

Abstract

ABSTRAK Zulfan Ja’far Sidiq : Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Muhammadiyah Kelas X Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini berawal dari banyak siswa yang sukar mengerti tentang maksud dari soal matematika yang mereka kerjakan. Hal ini dikarenakan Kegiatan Belajar-Mengajar di dalam kelas masih terfokus pada penjelasan dan contoh cara pengerjaan soal dari guru tanpa melibatkan siswa itu sendiri sehingga siswa menjadi pasif saat pembelajaran berlangsung. Sehingga peneliti ini bertujuan: 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran Problem Solving pada pokok bahasan Persamaan Kuadrat siswa SMA Muhammadiyah kota Kediri ? dan 2) Adakah pengaruh metode pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar kognitif siswa SMA Muhammadiyah kota Kediri kelas X pokok bahasan Persamaan Kuadrat? Penelitian ini menggunakan teknik Quasi Eksperimental dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di SMA Muhammadiyah Kediri dengan pemilihan sampel sistematis. Data diperoleh dari hasil observasi pada siswa dan guru serta hasil posttest. Analisis data dilakukan dengan mengkategorikan pencapaan penerapan pembelajaran dan nilai yang diperoleh analisis dengan uji normalitas dan homogenitas untuk mencari variansinya. Kemudian untuk mengetahui perbedaan nilai posttest setelah dilakukan pembelajaran Problem Solving digunakan uji T-test. Berdasarkan hasil observsi guru dan siswa serta analisis hasil posttest dapat disimpulkan: 1) Penerapan metode pembelajaran menggunakan metode Problem Solving ditinjau dari hasil pengamatan aktivitas guru didapatkan tingkat keterlaksanaan metode 92.65% dengan kriteria sangat baik. Sedangkankan, pembelajaran dengan metode Problem Solving ditinjau dari hasil pengamatan aktivitas siswa sebesar 81.77% dengan kriteria sangat baik dan 2) Ada pengaruh metode pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa SMA Muhammadiyah kota Kediri kelas X pokok bahasan Persamaan Kuadrat. KATA KUNCI : Problem Solving, Persamaan Kuadrat Kelas X, Hasil Belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI