ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS XI SMKN 2 KEDIRI
Author (Penulis)
RULI PURNAMASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0068
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti selama kegiatan PPL di SMKN 2 Kediri, pembelajaran matematika di sekolah tersebut masih banyak yang menekankan pemahaman siswa tanpa memberikan kesempatan siswa untuk mengeksplorasi kemampuan representasi matematis dalam memahami suatu konsep matematika. Akibatnya kemampuan representasi matematis siswa menjadi tidak berkembang. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan representasi visual siswa kelas XI SMKN 2 Kediri? (2) Bagaimana kemampuan representasi simbol siswa kelas XI SMKN 2 Kediri? (3) Bagaimana kemampuan representasi verbal siswa kelas XI SMKN 2 Kediri?.
Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dengan pendekatan kualitatif, peneliti memperoleh data yang mendalam sehingga dapat mengetahui kemampuan representasi matematis siswa kelas XI SMKN 2 Kediri dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi. Penelitian ini berlangsung selama 2 pertemuan, menggunakan instrumen lembar observasi siswa, tes hasil belajar siswa dan lembar pedoman wawancara.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan representasi visual yang dimiliki siswa termasuk dalam kategori sangat baik (2) Kemampuan representasi simbolik yang dimiliki siswa termasuk dalam kategori cukup (3) Kemampuan representasi verbal yang dimiliki siswa termasuk dalam kategori cukup.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) kemampuan representasi matematis perlu dimiliki siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas untuk mempermudah siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu guru sebagai pengajar sangat perlu mengembangkan kemampuan representasi yang dimiliki oleh siswa. (2) Guru harus berperan aktif untuk mengasah kemampuan representasi matematis siswa karena setiap siswa mempunyai kemampuan yang berbeda-beda.
Kata Kunci : Kemampuan Representasi Matematis