Profil Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Calon Guru Matematika UN PGRI Kediri


Author (Penulis)

ILFA AFIDATUL CHOIR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0067

Abstract

Profil Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Calon Guru Matematika UN PGRI Kediri Ilfa Afidatul Choir 12.1.01.05.0067 FKIP – Pendidikan Matematika ilfa.afidatul.choir@gmail.com. Khomsatun Ni’mah, M.Pd dan Jatmiko, M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan seorang guru dalam mengelola proses pembelajaran yang berhubungan dengan peserta didik, meliputi pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum atau silabus, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembanan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai kompetensi yang dimilikinya. Permasalahan penelitian ini adalah: Bagaimana profil kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru matematika di SMP Negeri 1 Prambon? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif,dengan teknik analisis deskriptif, yaitu memaparkan semua data yang didapatkan dalam bentuk narasi atau kata - kata. Subjek penelitian mahasiswa calon guru matematika yang sedang melakukan PPL di SMP Negeri 1 Prambon Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2016/2017, dengan jumlah total lima mahasiswa calon guru matematika. Penelitian ini menggunakan Lembar Observasi Guru dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan rata – rata nilai keseluruhan mahasiswa calon guru pendidikan matematika di SMP Negeri 1 Prambon Kabupaten Nganjuk adalah 76 dengan kategori baik. Hal ini terlihat pada : Aspek 1 : Mengenal karakteristik peserta didik, rata – rata nilai kategori baik. Dilihat dari seluruh mahasiswa calon guru matematika rata – rata dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik. Aspek 2: menguasai teori belajar dan prinsip – prinsip belajar, rata – rata nilai kategori cukup. Dilihat dari seluruh mahasiswa calon guru matematika rata – rata kurang menggunakan berbagai teknik untuk memotivasi kemauan belajar peserta didik. Aspek 3: Pengembangan kurikulum, rata – rata nilai kategori baik. Dilihat dari seluruh mahasiswa calon guru matematika merancang rencana pembelajaranyang sesuai dengan silabus. Aspek 4: Kegiatan pembelajaran yang mendidik, rata – rata nilai kategori cukup. Dilihat dari seluruh mahasiswa calon guru matematika banyak yang tidak menggunakan alat bantu mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Aspek 5: Memahami dan mengembangkan potensi, rata – rata nilai kategori baik. Dilihat dari seluruh mahasiswa calon guru matematika menganalisis hasil belajar berdasarkan bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk mengetahui tingkat kemajuan masing – masing. Aspek 6: Komunikasi dengan peserta didik,rata – rata nilai kategori baik. Dilihat dari seluruh mahasiswa calon guru matematika memberi perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta didik. Aspek 7: Penilaian dan evaluasi, rata – rata nilai kategori baik. Dilihat dari seluruh mahasiswa calon guru matematika menyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu seperti yang tertulis di RPP. KATA KUNCI: Kompetensi Pedagogik, Calon Guru Matematika.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-20

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI