ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL UPTD SMPN 1 SEMEN KEDIRI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL BERDASARKAN METODE NEWMAN


Author (Penulis)

AJENG TRI WAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0064

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti terhadap nilai matematika ulangan tengah semester materi SPLDV siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Semen tahun ajaran 2015/2016 yang 69% dari siswanya mendapat nilai dibawah KKM, sehingga analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV sangat membantu untuk meminimalisir siswa melakukan kesalahan yang menyebabkan siswa mendapatkan nilai dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi persamaan linier dua variabel berdasarkan metode Newman? (2) Apa saja penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi persamaan linier dua variabel berdasarkan metode Newman? Metode diagnostik yang digunakan untuk mengidentifikasi kategori kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah soal cerita dengan lima tahapan metode Newman yaitu reading, comprehension, transformation, process skill, dan encoding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) subjek pada kategori tinggi mengalami kesalahan transformasi dan penulisan jawaban akhir; subjek pada kategori sedang mengalami kesalahan ketrampilan proses; sedangkan subjek pada kategori rendah mengalami kesalahan membaca, memahami, transformasi, ketrampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. ketiga subjek melakukan kesalahan pada nomor soal yang berbeda. (2) Penyebab reading error, meliputi siswa tidak mampu memaknai arti setiap kata dalam soal. Penyebab comprehension error, meliputi tidak dapat menyebutkan dengan tepat apa saja yang diketahui dan ditanyakan dalam soal. Penyebab transformation error, meliputi kesalahan dalam membuat model matematis dan tidak tepat dalam menentukan operasi hitung yang sesuai. Penyebab process skill error, meliputi kesalahan dalam melakukan operasi hitung aljabar. Penyebab encoding error, meliputi tidak tepat dalam menentukan hasil akhir dan tidak dapat menuliskan kesimpulan yang sesuai dalam soal. Selain penyebab dari setiap tahapan diatas adapula faktor penyebab yang lain yaitu kurang teliti dan tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI