PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS X SMK PELAYARAN HANG TUAH KEDIRI PADA MATERI OPERASI BILANGAN AKAR


Author (Penulis)

ELYA SARI DEWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0062

Abstract

ABSTRAK Elya Sari Dewi: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa kelas X Pada Materi Operasi Bilangan Akar. Skripsi, Matematika, FKIP Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesiaun PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti selama PPL bahwa pembelajaran yang masih berpusat pada guru, akibatnya siswa kurang kreatif, kurang bersosial. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh yang ditimbulkan setelah dilakukan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwingterhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri pada materi operasi bilangan akar? (2) Adakah pengaruh yang ditimbulkan setelah dilakukan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwingterhadap kemampuan komunikasi matematik siswa kelas X SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri pada materi operasi bilangan akar?. Penelitian ini menggunakan ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas X SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri, yang berjumlah 52 siswa. Penelitian ini menggunakan Instrumen RPP, soal pretest, soal posttest,lembar observasi siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Dari hasil post-tes diperoleh rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. (2) Rata-rata hasil observasi komunikasi matematik siswa dikatakan sangat baik. Hasil analisislembar observasi kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih baik yaitu 80%, dan dari hasil analisis menggunakan uji t dua pihak diperoleh thitung 5,536>ttabel 2,080 dengan taraf signifikan 5%. Maka H1 diterima yaitu hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih baik dari siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. KATA KUNCI :Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Kemampuan Komunikasi Matematik, Hasil Belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-24

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI