Implementasi teori tentang tingkat berfikir kreatif dalam matematika siswa kelas VIII MTs Ma'arif Bakung Udanawu Blitar


Author (Penulis)

VICA ZULFA HARMADZANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0060

Abstract

ABSTRAK Vica Zulfa Harmadzani : Implementasi Teori Tentang Tingkat Berfikir Kreatif Dalam Matematika Siswa Kelas VIII, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UNP Kediri, 2016. Penelitian ini berawal dari adanya kreatifitas sesorang dalam berpikir sehingga menimbulkan keanekaragaman pengetahuan yang dimiliki seseorang. Apalagi bagi siswa kreatifitas dalam berpikir sangat berpengaruh juga pada tingkat kognitif siswa. Sehingga peneliti bertujuan untuk mengetahui tentang tingkat berpikir kreatif yang dikembangkan secara teoritis pada siswa SMP kelas VIII dan untuk mendeskripsikan tingkat berpikir kreatif siswa tersebut. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif-kuantitatif yang dilaksanakan di Mts Ma’arif Bakung Udanawu Blitar, pada siswa kelas VIII. teknik analisis yang digunkan untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kreatif siswa dengan memberikan posttest dan melakukan observasi penyelesaian soal siswa dan melakukan wawancara identifikasi dengan siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam pembelajaran matematika sebagai berikut: 1). Siswa dengan kognitif rendah memiliki TBK 1 (kurang kreatif) dengan proses berpikir kreatif yaitu pada tahap persiapan siswa mengalami kesulitan dalam memahami maksud soal, pada tahap inkubasi siswa menemukan ide berdasarkan pengamatan pada gambar, pada tahap iluminasi siswa kurang mampu membuat bentuk kalimat matematika dari soal, pada tahap verifikasi siswa memeriksa jawaban dengan membaca atau menghitung kembali. 2) Siswa dengan kognitif sedang memiliki TBK 1 (kurang kreatif) dan TKBK 2 (cukup kreatif) dengan proses berpikir kreatif yaitu pada tahap persiapan siswa mampu memahami soal dengan baik dan tidak mengalami kesulitan, pada tahap inkubasi siswa menemukan ide berdasarkan pengamatan pada gambar, pada tahap inkubasi siswa menemukan ide berdasarkan pengamatan pada gambar, pada tahap verifikasi siswa memeriksa jawaban dengan menghitung kembali penyelesaiannya, serta dapat menyimpulkan penyelesaian sesuai dengan keadaan realitas pada soal. 3). Siswa dengan kognitif tinggi memiliki TBK 2 (cukup kreatif) dengan proses berpikir kreatif yaitu pada tahap persiapan siswa mampu memahami soal dengan baik dan tidak mengalami kesulitan, pada tahap inkubasi siswa mampu menemukan ide berdasrakan pada gambar dan pengetahuan yang pernah diperoleh, pada tahap iluminasi siswa mampu membuat bentuk kalimat matematika dalam penyelesaiannya. pada tahap verifikasi siswa memeriksa jawaban dengan menghitung kembali penyelesaiannya, serta dapat menyimpulkan penyelesaian sesuai dengan keadaan realitas pada soal. Kata Kunci : Berfikir kreatif, tingkat berfikir kreatif, proses berfikir kreatif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-20

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI