PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK LOGARITMA KELAS X SMKN 1 NGASEM


Author (Penulis)

TANTI DIRGA AGUSTIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0056

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas X-MM 2 SMKN 1 Ngasem, yang menjadi salah satu faktor rendahnya hasil belajar serta keaktifan siswa adalah proses pembelajaran matematika di kelas X-MM 2 yang masih didominasi oleh guru dan siswa hanya mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pokok logaritma kelas X-MM 2 SMKN 1 NGASEM tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimanakah keaktifan siswa yang mengikuti model pembelajaran Make a Match pada materi pokok logaritma kelas X-MM 2 SMKN 1 NGASEM? (3) Bagaimanakah respon siswa kelas X-MM 2 SMKN 1 NGASEM tahun ajaran 2016/2017 yang mengikuti model pembelajaran make a match pada materi pokok logaritma?.Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas X-MM 2 yang berjumlah 35 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Data hasil belajar siswa diperoleh dari tes dalam bentuk uraian yang dilakukan pada akhir masing-masing siklus. Data keaktifan siswa diperoleh dengan melakukan observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan data respon siswa diperoleh dengan membagikan angket respon siswa di akhir siklus.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah diterapkannya model pembelajaran make a match pada materi pokok logaritma dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-MM 2 SMKN 1 Ngasem yaitu dari 63,37 menjadi 80,86. Keaktifan siswa kelas X-MM 2 SMKN 1 Ngasem setelah diterapkannya model pembelajaran make a match pada materi pokok logaritma tinggi, sedangkan respon siswa juga dikategorikan sangat tinggi yaitu sebesar 81,52%. KATA KUNCI : model pembelajaran Make a Match, hasil belajar siswa

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI