PENERAPAN MODEL APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN DIMENSI PENGETAHUAN SISWA KELAS VIII SMPN 2 GROGOL PADA MATERI POKOK FAKTORISASI SUKU ALJABAR


Author (Penulis)

RENGGA FEBRIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0055

Abstract

Rengga Febrianto, Penerapan Model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Untuk Meningkatkan Dimensi Pengetahuan Siswa Pada Materi Pokok Faktorisasi Suku Aljabar Penelitian ini berdasarkan observasi yang peneliti lakukan dengan guru mata pelajaran matematika di SMPN 2 Grogol Kab. Kediri diperoleh gambaran bahwa sebagian besar siswa kelas VIII SMPN 2 Grogol Kab. Kediri kurang serius dalam belajar matematika, siswa juga kurang memperhatikan penjelasan dari guru. Hal tersebut nampak dari nilai hasil ulangan yang masih rendah dikarenakan rata-rata mereka kurang mengerti tentang konsep matematika yang diajarkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap dimensi pengetahuan siswa kelas VIII SMPN 2 Grogol? (2) Bagaimana peningkatan dimensi pengetahuan siswa berkemampuan tinggi kelas VIII SMPN 2 Grogol pada penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI)? (3) Bagaimana peningkatan dimensi pengetahuan siswa berkemampuan sedang kelas VIII SMPN 2 Grogol pada penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI)? (4) Bagaimana peningkatan dimensi pengetahuan siswa berkemampuan rendah kelas VIII SMPN 2 Grogol pada penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI)? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMPN 2 Grogol tahun ajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan dalam dua kali pertemuan, dengan menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar wawancara dan tes kemampuan dimensi pengetahuan. Data yang diperoleh terdapat data kuantitatif yaitu soal tes, nantinya data tersebut juga dideskripsikan seperti data kualitatif. (1) Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Penerapan model Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada pembelajaran matematika di SMPN 2 Grogol Kabupaten Kediri berjalan dengan baik atau berhasil. Karena itu pembelajaran model Aptitude Treatment Interaction (ATI) dapat menjadi salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan dimensi pengetahuan siswa karena setiap siswa harus dituntut aktif dalam pembelajaran dan menuangkan ide-ide yang baru di dalam kelompok. Sehingga diharapkan pola pikir seperti itu akan membantu siswa dalam menyelesaikan setiap masalah dalam pelajaran maupun masalah dalam kehidupan sehari-hari. (2) Kemampuan dimensi pengetahuan siswa setelah diterapkan model Aptitude Treatment Interaction (ATI) secara umum dalam kategori baik, khususnya untuk ketiga subyek. Selain itu dapat diketahui bahwa tahapan dalam model Aptitude Treatment Interaction (ATI) menjadi suatu pengaruh positif dan efektif dalam membuka ide-ide baru. (3) Peningkatan kemampuan dimensi pengetahuan siswa relatif sama atau tidak terlalu signifikan, karena subyek masih tetap berada dalam kelas awal. Subyek kemampuan tinggi masih tetap pada kelompok tinggi, subyek kemampuan sedang masih tetap pada kelompok sedang dan subyek kemampuan rendah masih tetap pada kelompok rendah. Peningkatan yang terjadi adalah peningkatan secara klasikal atau menyeluruh sehingga subyek tidak mengalami perubahan kelompok kemampuan. Kata kunci:Aptitude Treatment Interaction (ATI), dimensi pengetahuan siswa

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI