Profil Kesalahan Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemfaktoran


Author (Penulis)

REZA CHANDRA YUNANTA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0053

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti , bahwa pada pembelajaran materi ini masih ditemukan banyak siswa kelas XI SMK TI Pelita Nusantara yang tidak mampu menyelesaikan persoalan matematika dalam pemfaktoran. Hal ini terbukti dengan banyaknya siswa yang kesulitan mengerjakan soal pemfaktoran. Permasalahan peneliti adalah (1) Bagaimana pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal pemfaktoran? (2) Bagaimana kesalahan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal pemfaktoran? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sampel siswa kelas XI SMK TI Pelita Nusantara. Untuk pengambilan subjek penelitian dibagi dalam tiga tingkatan yaitu tingkat kemampuan tinggi, tingkat kemampuan sedang, dan tingkat kemampuan rendah. Berdasarkan hasil analisis yang mengacu pertanyaan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa 1) Pemahaman konsep siswa kelas XI SMK TI Pelita Nusantara (a) Siswa belum paham menentukan apa yang diketahui pada soal. Terbukti dari siswa tidak dapat memahami dengan benar makna dari suatu pernyataan yang ada di dalam soal; (b) Siswa salah menentukan menentukan apa yang ditanyakan. Penyebabnya siswa tidak teliti dalam membaca dan meaknai soal; (c) Siswa salah mentukan jawaban dari soal. Penyebabnya siswa tidak memahami perintah dalam soal dan tidak mengetahui konsep penyelesaiannya; (d) Siswa salah menggunakan konsep pemfaktoran. Penyebab terjadinya kesalahan karena siswa tidak mehamai operasi pemfaktoran bentuk aljabar ax2 + bx + c = 0; (e) Siswa salah dalam menuliskan pernyataan pada soal ke dalam model matematika. Penyebab siswa tidak mengetahui maksud pernyataan tersebut dan kurang teliti dalam membaca soal; 2) Pada hal ini siswa kelas XI dibagi menjadi 3 kategori yaitu kemampuang tinggi, sedang dan rendah (a) Letak kesalahan oleh siswa berkemampuan tinggi yaitu subjek S1 adalah salah memahami makna soal dan salah menerjemahkan soal ke dalam model matematikanya. Hal ini terbukti dengan tingkat kesalahan siswa berkemampuan tinggi termasuk dalam kategori rendah; (b) Letak kesalahan oleh siswa berkemampuan sedang yaitu subjek S2, S3 dan S4 adalah salah memahami makna soal dan salah menerjemahkan soal ke dalam model matematikanya dan salah menggunakan rumus akhir. Hal ini terbukti dengan tingkat kesalahan siswa berkemampuan sedang termasuk dalam kategori sedang; (c) Letak kesalahan oleh siswa berkemampuan rendah yaitu subjek S5 adalah salah memahami makna soal dan salah menerjemahkan soal ke dalam model matematikanya selain itu tidak menuliskan hasil akhir. Hal ini terbukti dengan tingkat kesalahan siswa berkemampuan tinggi termasuk dalam kategori sedang. KATA KUNCI : KESALAHAN KONSEP, PEMFAKTORAN

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI