PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP RELASI DAN FUNGSI KELAS XI SMK NEGERI 2 KEDIRI


Author (Penulis)

WINARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0052

Abstract

ABSTRAK Winarti. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Pemahaman Konsep Relasi dan Fungsi Kelas XI SMK Negeri 2 Kediri. Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri. Faktor penyebab rendahnya pemahaman konsep siswa adalah model Pembelajaran yang digunakan. Model pembelajaran konvensional yang digunakan membuat siswa kurang aktif serta kurang pemahaman dalam konsep yang telah diajarkan. Hal ini yang membuat peneliti termotivasi untuk menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada materi relasi dan fungsi (2) pemahaman konsep siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) (3) pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) (4) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap pemahaman konsep relasi dan funsi. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Kediri tahun ajaran 2016/2017. teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental dengan desain Posttest Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI, Penelitian ini melibatkan 6 siswa sebagai sampel untuk kelas eksperimen. penentuan sampel menggunakan teknik pengelompokan kriteria kemampuan pada siswa kelas eksperimen. pengumpulan data setelah perlakuan dilakukan dengan menggunakan tes pemahaman konsep. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample t Test. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terlaksana dengan rata-rata aktivitas guru 88,75% dan aktivitas siswa 72,25% (2) Hasil tes pemahaman konsep siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) ) sebanyak 36% siswa mendapat nilai (3) Hasil tes pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) sebanyak 79% siswa mendapat nilai (4) hasil uji t diperoleh sig (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,00 < 0,05 sehingga ada pengaruh signifikan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap pemahaman konsep relasi dan fungsi. KATA KUNCI : Model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR), Pemahaman Konsep

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI