EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X


Author (Penulis)

VIVIN WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0051

Abstract

ABSTRAK Vivin Wulandari: Efektivitas Model Probelm Based Learning dengan Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mojo Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilaksanakan karena pembelajaran yang masih monoton berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Siswa cenderung hanya menerima materi dari guru terus menerus menyebabkan siswa tidak terbiasa memahami konsep berdasarkan penemuan dan hasil berpikirnya senidiri. Hal ini yang berlangsung secara terus menerus juga mengakibatkan siswa tidak terbiasa memecahkan masalah dengan kemampuannya sendiri, sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif model Problem Base Learning dengan strategi metakognitif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojo tahun ajaran 2016/2017. Oleh karena itu sesuai dengan indikator efektivitas, maka penelitian yang dilakukan mencakup peningkatan kemampuan guru mengelola pembelajaran, peningkatan aktivitas belajar siswa, peningkatan respon siswa dan peningkatan kemampuan pemecahan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus mempunyai tahap perencanaan, pelaksanaan penelitian, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai perencana, pelaksana, pengumpul data, penganalisis, penafsir data, dan pada akhirnya menjadi pelapor hasil penelitian. Instrumen lain yang digunakan dalam penelitian ini antara lain lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas belajar siswa, angket respon siswa, lembar kerja siswa sebagai tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa model Problem Based Learning dengan strategi metakognitif efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini ditunjukkan dengan terpenuhinya keempat inikator efektivitas yaitu: (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat ditunjukkan dengan presentase kemampuan guru mengelola pembelajaran pada siklus I sebesar “71,2%” menjadi “88,5%” pada siklus I, (2) Aktivitas belajar siswa meningkat ditunjukkan dengan presentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar “58,7%” meningkat pada siklus II sebesar “83,3%”, (3) Respon siswa mengingkat ditunjukkan dengan presentase respon siswa pada siklus I sebesar “59,3%” mengingkat pada siklus II sebesar “81,5%”, (4) Kemampuan pemecahan masalah siswa mengingkat, ditunjukkan dengan (a) kemampuan siswa memahami masalah pada siklus I dan II mencapai 100% (b) kemampuan merencanakan penyelesaian masalah dari 69,9% pada siklus I menjadi 89,1% pada siklus II (c) kemampuan menyelesaikan dari 57,9% pada siklus I menjadi 83.7% pada siklus II, (d) kemampuan mengevaluasi hasil penyelesaian masalah dari 79,3% pada siklus I menjasi 96,6% pada siklus II.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI