Penerapan Model Pembelajaran Superitem Dengan Media Kartu Soal Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Kelas VII SMP PGRI 2 PAGU Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial


Author (Penulis)

LUTFAN HABIB
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0049

Abstract

Lutfan Habib : Penerapan Model Pembelajaran Superitem Dengan Media Kartu Soal Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Kelas VII SMP PGRI 2 PAGU Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kemampuan setiap orang dalam menerima materi atau pengetahuan berbeda, sehingga guru atau pengajar perlu memperhatikan tingkat kemampuan dasar siswa tersebut. Pembelajaran superitem digunakan karena masih banyak guru melalukan pembelajaran satu arah sehingga tidak memperhatikan tingkat kemampuan dasar siswa. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah model pembelajaran superitem mampu meningkatkan kemampuan berpikir siswa kelas VII SMP pada pokok bahasan Aritmatika Sosial?. (2) Apakah model pembelajaran superitem mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII SMP pada pokok bahasan Aritmatika Sosial? Penelitian ini berjenis penelitian semu (quasi experiment), yakni untuk meneliti pengaruh dari pembelajaran superitem dengan media kartu soal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial. Dengan membandingkan post-test hasil kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PGRI 2 PAGU Tahun Ajaran 2016/2017, sampel pada penelitian ini menggunkan kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Kemampuan berpikir kritis siswa meningkat setelah diberi perlakuan pembelajaran superitem, ini dibuktikan dengan rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih dari kelas kontrol. Pada post-test kelas eksperimen hasil tes kemampuan berpikir kritis mencapai 82,45 dan pada kelas kontrol mencapai 73,6. (2) Aktivitas belajar siswa juga mengalami penigkatan, ini dibuktikan dengan rata-rata hasil observasi aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen lebih dari hasil observasi aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol. Prosentase rata-rata 3 pertemuan kelas eksperimen mencapai 74% dan prosentase rata-rata 3 pertemuan kelas kontrol mencapai 69%. Ini menunjukan bahwa pembelajaran superitem dengan media kartu soal dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan aktivitas siswa kelas VII SMP PGRI 2 PAGU pada pokok bahasan aritmatika sosial. Kata kunci : Pembelajaran Superitem, Bepikir Kritis, Aktivitas Siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI