Literasi Matematika Tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama) Mengacu Pada PISA (Programme For International Student Assesment) Ditinjau Dari Gender


Author (Penulis)

ABDUL ROHMAN AZIZI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0048

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan pengetahuan peneliti mengenai literasi matematika siswa masih tergolong rendah. Hal tersebut karena instrumen yang digunakan menggunakan bahasa yang asing bagi siswa. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti akan membahas mengenai literasi matematika siswa ditinjau dari gender. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana literasi matematika siswa laki-laki tingkat Sekolah Menengah Pertama mengacu pada PISA (2) Bagaimana literasi matematika siswa perempuan tingkat Sekolah Menengah Pertama mengacu pada PISA? (3) Apakah ada perbedaan literasi matematika antara siswa laki-laki dan perempuan Sekolah Menengah Pertama mengacu pada PISA? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Survei dengan tujuan eksploratif. Variabel bebas pada penelitian ini gender. Sedangkan variabel terikatnya adalah literasi matematika siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Penelitian ini akan ditinjau dari gender, konteks, konten, proses dan level PISA berdasarkan cluster. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Literasi matematika siswa laki-laki relatif rendah, hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata hasil tes literasi matematika siswa laki-laki yaitu 51,92 yang berada pada kategori “cukup baik”. (2) Literasi matematika siswa perempuan masih relatif rendah , hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata hasil tes literasi matematika siswa perempuan yaitu 61,47 dengan kategori “baik”.(3) Terdapat perbedaan kemampuan literasi matematika antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan. Perhitungan menggunakan uji independent t-test diperoleh Sig (2-tailed) 0,011. Karena 0,011 < 0,05 maka dapat disimpulakan bahwa terdapat perbedaan literasi matematika antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan. Selain terlihat bahwa siswa perempuan lebih baik daripada siswa laki-laki ditunjukkan dengan besarnya rata-rata siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki. KATA KUNCI : Literasi matematika, PISA, laki-laki, perempuan, konteks, konten, proses, level

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-22

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI