IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII UPTD SMPN 2 PRAMBON PADA POKOK BAHASAN ALJABAR


Author (Penulis)

NOR LAILI AKMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0047

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan penulis saat observasi ke salah satu Smp Negeri di Nganjuk, dimana sekolahan tersebut ternyata pembelajarnya masih menggunakan model konvensional. Dari hasil observasi diketahui bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih kurang, salah satu penyebabnya adalah kurangnya interaksi antara guru dengan siswa saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) untuk meningkatkan komunikasi matematika siswa kelas VII UPTD SMPN 2 Prambon pada pokok bahasan operasi bentuk aljabar, (2) peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII UPTD SMPN 2 Prambon pada penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlangsung pada bulan Oktober 2016 di UPTD SMPN 2 PRAMBON dengan subjek kelas VII-D. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data mengunakan lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan soal post test. Berdasarkan analisi data, disimpulkan (1) keterlaksanaan sintak pembelajaran atau kesesuaiaan aktifitas guru dengan RPP menggunakan model Two Stay Two Stray (TS-TS) pada siklus I mencapai 75% dengan kriteria baik, pada siklus II mencapai 83,33% dengan kriteria sangat baik, naik 8,33% dari siklus I. (2) peningkatan komunikasi matematis siswa ditunjukan dengan: (a) rata-rata kemampuan komunikasi matematis lisan siswa sebesar 50% pada siklus I menjadi sebesar 83,3 % pada siklus II, naik 33,3% dari siklus I. (b) skor rata-rata kemampuan komunikasi matematis tulis siswa sebesar 21,3 pada siklus I menjadi sebesar 27,3 pada siklus II. Kata Kunci: Two Stay Two Stray (TS-TS), Komunikasi Matematis.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI