PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 KAMPAK


Author (Penulis)

EKO CAHYONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0046

Abstract

ABSTRAK Eko Cahyono : Penggunaan Media Pembelajaran Macromedia Flash Professional 8 untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Pada Bentuk Aljabar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kampak Penelitian ini dilatar belakangi hasil wawancara dengan guru matematika SMP N 2 Kampak kelas VIII B siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar, diantaranya adalah (1) siswa mengalami kesulitan pada tahapan cara pengerjaan seperti operasi tambah, kurang, kali dan bagi, (2) sering muncul kebanyakan sifat-sifat yang digunakan dalam bentuk operasionalnya kebingungan, terbiasa dengan lambang variabel x. Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash Professional 8 untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 2 Kampak pada pokok bahasan Operasi Hitung Pada bentuk Aljabar ?, (2) Bagaimanakah proses berpikir kreatif siswa dalam penggunaan media pembelajaran Macromedi Flash Professional 8 kelas VIII SMPN 2 Kampak pokok bahasan Operasi Hitung Pada bentuk Aljabar?, (3) Bagaimanakah peningkatan berpikir kreatif siswa menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash Professional 8 kelas VIII SMPN 2 Kampak pokok bahasan Operasi Hitung Pada bentuk Aljabar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII B SMPN 2 Kampak. Penelitian ini dilaksanakan selama dua kali pertemuan, dengan menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, soal tes, lembar wawancara. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Pembelajaran menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash Professional 8 untuk meningkatkan berpikir kreatif berjalan dengan baik dan berhasil dilakukan dengan kategori sangat baik dalam pertemuan pertama dan kategori sangat baik dalam pertemuan kedua. (2) Siswa mampu menerapkan kemampuan Berpikir Kreatif dengan baik melalui pembelajaran menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash Professional 8.(3) siswa kelas VIII B SMPN 2 Kampak mengalami peningkatan kemampuan Berpikir Kreatif pada materi Operasi Hitung Pada Bentuk Aljabar menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash Professional 8. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) tujuan pokok penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash Professional 8 adalah untuk mengembangkan kemampuan individu untuk mengembangkan kemampuan Berpikir Kreatif. Oleh karena itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan pembuatan media pembelajaran Macromedia Flash Professional 8 sekreatif dan semenarik mungkin. Kata Kunci : Media pembelajaran Macromedia Falsh Professional 8, Berpikir kreatif

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI