PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SQUARE DENGAN PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI ALJABAR KELAS VIII SMP NEGERI 5 KEDIRI


Author (Penulis)

TRI RISKA FITRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0044

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di SMP Negeri 5 Kediri, guru masih jarang menggunakan metode think pair square dengan pendekatan realistik saat pembelajaran matematika terutama saat materi operasi aljabar, sehingga hasil belajar matematika siswa dalam menyelesaikan soal masih rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Kurangnya penerapan metode dengan pendekatan dalam pembelajaran matematika pada materi aljabar, (2) Hasil belajar matematika pada materi operasi aljabar masih rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui penerapannya dalam matematika dan untuk mengetahui adakah pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi operasi aljabar dengan menggunakan metode think pair square dengan pendekatan realistik di kelas VIII SMP Negeri 5 Kediri. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-E dan kelas VIII-F SMP Negeri 5 Kediri yang berjumlah 32 siswa pada masing-masing kelasnya. Penelitian ini dilakukan dalam 2 kali pertemuan pada setiap kelasnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes hasil belajar matematika dianalisis menggunakan program SPSS Statistics 17.0 License Authorization Wizard Pro. Berdasarkan rumusan masalah dan hasil dari pengujian hipotesis yang telah dianalisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil observasi guru pada kelas kontrol 77% dan pada kelas eksperimen 92% artinya tingkat keterlaksanaan metode think pair square dengan pendekatan relaistik dilaksanakan dengan sangat baik, hasil observasi siswa pada kelas kontol 74% dan pada kelas eksperimen 85% artinya aktivitas siswa sangat baik selama proses pembelajaran menggunakan metode think pair square dengan pendekatan realistik berlangsung, dan hasil belajar siswa pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 39,13 dengan simpangan baku 10,060, mengalami peningkatan sebesar 40,09, sehingga pada kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 79,22 dengan simpangan baku 9,571. Hasil tersebut sudah melampaui kriteria ketuntasan minimal yang rata-ratanya sebesar 75 mengalami peningkatan sebesar 4,22, sehingga memiliki rata-rata sebesar 79,22. Sehingga dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode think pair square dengan pendekatan realistik berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi aljabar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI