EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK PLUS AR-RAHMAH PAPAR KEDIRI PADA MATERI FUNGSI KUADRAT TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ACHMAD HANDY PRASTYAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0043

Abstract

Abstrak Efektifitas Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Plus Ar-Rahmah Papar Kediri Pada Materi Fungsi Kuadrat Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini berawal dari rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika. Sehingga peneliti bertujuan untuk ingin mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran group investigation terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi fungsi kuadrat. Berdasarkan latar belakang, dapat dirumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut : 1). Bagaimanakah efektifitas model pembelajaran group investigation terhadap motivasi pada materi fungsi kuadrat di SMK Plus Arrahmah Papar Kediri? 2). Bagaimanakah efektifitas model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar pada materi fungsi kuadrat di SMK Plus Arrahmah Papar Kediri? Efektifitas pembelajaran tidak lain adalah usaha pembelajaran yang berkriteria daya tarik atau daya guna, artinya dengan pemanfaatan seperangkat karakteristik tersembunyi guru menolong siswa mencapai tujuan pembelajaran. Motif adalah sesuatu yang membuat orang bertindak atau berperilaku dengan cara tertentu, sifatnya umum, permanen dengan pengalaman dibawa secara terus menerus. Motivasi berarti memberikan dorongan, semangat, dan inspirasi kerja kepada orang lain untuk bekerja lebih baik dan lebih giat. Hasil belajar matematika dapat dinyatakan sebagai tingkat penguasaan bahan pelajaran matematika setelah mendapatkan atau memperoleh pengalaman belajar dalam kurun waktu tertentu yang dapat diukur dengan menggunakan tes atau penilaian tertentu yang dicirikan dengan adanya perubahan kemampuan yang meliputi bidang kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMK Plus Ar-Rahmah Papar Kediri dengan pemilihan sampel acak. Data diperoleh dari hasil observasi pada siswa dan guru serta hasil pretest dan posttest kelas control dan eksperimen. Analisis data dilakukan dengan mengkategrikan pencapaian efektifitas pembelajaran, motivasi belajar dan nilai hasil belajar yang diperoleh analisis dengan uji normalitas dan homogenitas untuk mencari variansinya. Kemudian untuk mengetahui perbedaan nilai posttest setelah dilakukan pembelajaran GI digunakan uji T-test. Berdasarkan hasil deskripsi, analisis data dan hipotesis, maka diperoleh simpulan sebagai berikut : 1). Model pembelajaran Group Investigation efektif digunakan dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar materi pokok fungsi kuadrat. 2). Model pembelajaran Group Investigation efektif digunakan dalam pembelajaran terhadap hasil belajar pada materi pokok fungsi kuadrat Kata Kunci : Efektifitas, Group Investigation, Motivasi, Hasil Belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-20

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI