PROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS SMK PGRI 4 KEDIRI


Author (Penulis)

YALES KENTRIS HARINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0039

Abstract

ABSTRAK Yales Kentris Harini : Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Materi Persamaan Garis Lurus SMK PGRI 4 Kediri, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengalaman peneliti, bahwa dalam memecahkan masalah matematika berkaitan dengan konsep berfikir siswa dalam proses representasi matematis masih kurang. Hal ini siswa belum memperlihatkan hasil kerja dari pemikirannya kedalam salah satu bentuk representasi visual, representasi persamaan, representasi kata-kata atau teks tulis. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana profil kemampuan representasi matematis siswa dalam memecahkan masalah materi persamaan garis lurus?. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas XI TKJ semester gasal 2016/2017 dimana penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam memecahkan masalah materi persamaan garis lurus. Peneliti mengungkap proses kemampuan representasi matematis siswa dalam memecahkan soal berdasarkan langkah-langkah Polya. Pengungkapan proses kemampuan representasi matematis siswa dilakukan setiap langkah penyelesaian masalah yaitu tahap memahami masalah, tahap perencanaan penyelesaian, tahap penyelesaian masalah, dan tahap memeriksa kembali dengan melibatkan kemampuan representasi matematis siswa melalui aktivitas representasi visual, persamaan atau ekspresi matematika dan kata-kata atau teks tertulis. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kata-kata dengan menggunakan dokumen berupa tes, dan dokumen wawancara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah Representasi visual dapat menyajikan kembali data atau informasi dari suatu representasi grafik, membuat gambar untuk memperjelas penyelesaiannya. Subjek yang lainnya tidak melibatkan semua indikator. Subjek dapat menyajikan kembali data informasi dari suatu grafik untuk mengetahui apa yang diketahui dalm soal, dalam penyelesaiannya dapat menggambarkan hasil yang diperoleh kedalam bentuk grafik. Persamaan atau ekspresi matematika melibatkan indikator membuat persamaan atau model matematika, menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematika. Subjek yang lainnya tidak melibatkan indikator. Subjek dapat menentukan rumus yang akan digunakan dari masalah yang diberikan, dapat menstubtitusikan data-data yang diketahui kedalam rumus, dapat mengoperasikan perhitungannya dengan benar. Kata-kata atau teks tertulis melibatkan indikator menuliskan data berdasarkan masalah yang diberikan, menuliskan langkah-langkah penyelesaian. Menjawab soal dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis. Subjek yang lainnya tidak melibatkan semua indikator. Subjek dapat menuliskan apa yang diketahui dan yang ditanyakan dalam soal, dapat menuliskan langkah-langkah penyelesaian dengan benar. Kata Kunci : Representasi Matematika, Pemecahan Masalah

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI