PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER WITH MIND MAPPING UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Author (Penulis)
ANI ISMA AYUNINGTIYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0038
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa metode pembelajaran matematika yang masih didominasi oleh guru belum bisa mengasah kreativitas belajar matematika siswa, siswa sering lupa dengan apa yang diajarkan, siswa kurang bisa merencanakan penyelesaian masalah yang tepat, catatan siswa monoton karena meniru catatan guru, siswa sulit membedakan antara konstanta dan koefisien, siswa kurang faham dengan suku sejenis. Permasalahan peneliti ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan guru dalam menerapkan metode Giving Question and Getting Answer with Mind Mapping ? (2) Bagaimana kemampuan siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah aljabar ? (3) Bagaimana kemampuan siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematika sedang dalam menyelesaikan masalah aljabar ? (4) Bagaimana kemampuan siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematika rendah dalam menyelesaikan masalah aljabar ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kediri. Penelitian dilakasanakan dalam 3 pertemuan. Menggunkan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, pedoman wawancara, dan tes soal kreativitas belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Metode pembelajaran Giving Question And Getting Answer With Mind Mapping dapat dilaksanakan dengan baik oleh guru dalam kegiatan mengajar. (2) Siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematika tinggi dapat memenuhi 6 indikator kreativitas belajar matematika dalam menyelesaikan masalah aljabar (3) Siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematika sedang hanya mampu memenuhi 4 indikator kreativitas belajar matematika dalam menyelesaikan masalah aljabar (4) Siswa dengan kreativitas belajar matematika rendah belum mampu memenuhi 7 indikator kreativitas belajar matematika dalam menyelesaikan masalah aljabar.