PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER WITH MIND MAPPING UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA


Author (Penulis)

ANI ISMA AYUNINGTIYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0038

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa metode pembelajaran matematika yang masih didominasi oleh guru belum bisa mengasah kreativitas belajar matematika siswa, siswa sering lupa dengan apa yang diajarkan, siswa kurang bisa merencanakan penyelesaian masalah yang tepat, catatan siswa monoton karena meniru catatan guru, siswa sulit membedakan antara konstanta dan koefisien, siswa kurang faham dengan suku sejenis. Permasalahan peneliti ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan guru dalam menerapkan metode Giving Question and Getting Answer with Mind Mapping ? (2) Bagaimana kemampuan siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah aljabar ? (3) Bagaimana kemampuan siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematika sedang dalam menyelesaikan masalah aljabar ? (4) Bagaimana kemampuan siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematika rendah dalam menyelesaikan masalah aljabar ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kediri. Penelitian dilakasanakan dalam 3 pertemuan. Menggunkan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, pedoman wawancara, dan tes soal kreativitas belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Metode pembelajaran Giving Question And Getting Answer With Mind Mapping dapat dilaksanakan dengan baik oleh guru dalam kegiatan mengajar. (2) Siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematika tinggi dapat memenuhi 6 indikator kreativitas belajar matematika dalam menyelesaikan masalah aljabar (3) Siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematika sedang hanya mampu memenuhi 4 indikator kreativitas belajar matematika dalam menyelesaikan masalah aljabar (4) Siswa dengan kreativitas belajar matematika rendah belum mampu memenuhi 7 indikator kreativitas belajar matematika dalam menyelesaikan masalah aljabar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI