PEMAHAMAN MATEMTIKA SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN DISCIOVERY BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN BIlANGAN


Author (Penulis)

NOVITA FITRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0037

Abstract

ABSTRAK Kata kunci: Discovery Based Learning, kemampuan pemahaman matematika siswa. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di SMPN 5 Kediri masih didominasi oleh aktivitas guru. Akibatnya suasana pembelajaran di kelas cenderung masih pasif dan siswa cenderung mendengarkan penjelasan dari guru tanpa merespon. Hal tersebut nampak dari pemahaman mateamatiaka siswa yang masih rendah.Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Pembelajaran Discovery Based Learning pada Pokok Bahasan bilangan kelas VII D SMP N 5 Kediri? (2) Bagaimana pemahaman Matemaika Siswa pada Model Pembelajaran Discovery Based Learning pada Pokok Bahasan bilangan kelas VII D SMP N 5 Kediri” ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMPN 5 Kediri dengan diambil sampel kemamapuan rendah, kemamapuan sedang dan kemampuan tinggi melalui pretest dengan menggunakan standar deviasi. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery based Learning, menggunakan instrument berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, wawancara dan soal tes. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) melalui model pembelajaran Discovery Based Learning pada lembar observasi siswa memiliki prosentasi 85 % dalam kategori sangat baik sedangkan pada lembar observasi guru prosentasi 72,222% dalam kategori baik , (2) melalui pemahaman mateamatika siswa dengan model pembelajaran Discovery Based Learning sudah muncul namun belum dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan dan dikategorikan baik. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, direkomendasikan tujuan pokok penggunaan model pembelajaran Discovery Based Learning) denggan adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman mateamatika siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI