PROFIL BERPIKIR ALJABAR MELALUI VISUALISASI MATEMATIS PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI SMK PGRI 4 KEDIRI


Author (Penulis)

A. PUTRI PAULA ASTIARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0036

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika masih bersifat pasif karena sebagian siswa cenderung kurang aktif saat pembelajaran berlangsung di kelas karena pembelajaran yang dilakukan membosankan bagi siswa. Hal tersebut nampak dari keramaian dan kurangnya keaktifan siswa untuk memunculkan proses berpikir aljabar pada materi program linear. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana profil berpikir aljabar melalui visualisasi matematis pada materi program linear? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas XI TKR-2 SMK PGRI 4 Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dengan memberikan soal tes dan wawancara. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah siswa melibatkan lima komponen berpikir aljabar (Aljabar sebagai bahasa matematika, kemampuan representasi, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan quantitive reasoning, aljabar sebagai alat untuk fungsi dan pemodelan matematika) dalam mengerjakan soal tes program linear. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, derekomendasikan: Tujuan pokok berpikir aljabar melalui visualisasi matematis adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana aktif dan teliti.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI