PROFIL KECERDASAN VISUAL SPASIAL MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI


Author (Penulis)

MIA HARTATI OKTAFIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0034

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan bagaimana kecerdasan visual spasial matematis siswa dalam menyelesaikan masalah geometri khususnya pada pokok bahasan melukis sudut istimewa. Yang bermula pada saat uji coba soal melukis sudut istimewa pada lima anak dengan hasil masih banyak kesalahan terhadap hasil melukis sudut istimewa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana kecerdasan visual spasial matematis siswa di MTs. SA Jabal Nuur dalam menyelesaikan masalah geometri.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian kelas VII B MTs. SA Jabal Nuur. Pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan tes tulis dan melakukan wawancara berdasarkan hasil tes yang dilakukan kepada enam subjek. Adapun tahap menyelesaikan masalah matematika, yaitu (1) Memahami Masalah (2) Membuat Rencana Penyelesaian Masalah (3) Menyelesaikan Masalah (4) Membuat Kesimpulan. Berikut hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kecerdasan visual spasial matematis tinggi, sedang, dan rendah yaitu 1) AN dan RO adalah siswa dengan kecerdasan visual spasial tinggi, memahami masalah dilihat dari siswa AN dan RO mampu membayangkan gambaran tentang melukis sudut istimewa baik soal nomor satu dan nomor dua, siswa mampu membuat rencana penyelesaian masalah dengan menuliskan konsep melukis sudut istimewa, Siswa mampu menggabungkan antar konsep dengan urut dan melengkapi hasil melukis sudut istimewa dengan member nama pada setiap sudutnya, Siswa juga tidak terdapat masalah saat melukisnya dengan jangka dan selalu mengecek kebenaran dengan busur derajat. 2) AL dan YU adalah siswa dengan kecerdasan visual spasial sedang, memahami masalah dilihat siswa AL dan YU mampu membayangkan gambaran tentang sudut istimewa yang akan dilukis tetapi siswa AL dan YU kurang mampu menjelaskan konsep yang dipakai dalam menyelesaikan masalah dan kurang paham dengan konsep membagi sudut menjadi sama besar. 3) SI dan ZU adalah siswa dengan kecerdasan visual spasial rendah, dalam memahami soal siswa SI dan ZU tidak dapat membayangkan gambaran tentang soal setelah membaca soal dan hasil dari melukiskan sudut istimewa juga masih salah baik konsep maupun jawaban siswa tersebut. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kecerdasan visual spasial di MTs. SA Jabal Nuur dari jumlah 32 siswa yaitu siswa yang memiliki kecerdasan visual spasial tinggi 9 siswa, yang memiliki kecerdasan visual spasial sedang 13 siswa, dan yang memiliki kecerdasan visual spasial rendah 10 siswa. KATA KUNCI :Kecerdasan Visual Spasial Matematis, Menyelesaikan Masalah, Geometri

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-25

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI