KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA SMA PAWYATAN DAHA KEDIRI KELAS X POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)


Author (Penulis)

ARIS ASHARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0033

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti di SMA Pawyatan Daha Kediri selama melaksanakan kegiatan PPL 2, dimana siswa masih kesulitan dalam menggunakan kemampuan representasi matematis mereka, disamping itu pelaksanaan kegiatan pembelajaran sebagian guru masih terbiasa menggunakan metode konvensional. Hal ini mengidikasikan bahwa diperlukan inovasi pembelajaran dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran guna meningkatkan atau memberikan hasil yang lebih baik terkait kemampuan representasi matematis siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas guru dalam proses pembelajaran matematika kontekstual? (2) Bagaimana aktivitas siswa dalam proses pembelajaran matematika kontekstual? (3) Apakah ada perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran kontekstual dengan pembelajaran konvensional?. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi-Experimental dengan tipe Nonequivalent [Pre-Test Post-Test] Control-Group Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pembelajaran kontekstual, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan representasi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Pawyatan Daha Kediri Tahun 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data antara lain silabus, RPP, lembar kerja siswa, lembar observasi siswa, lebar observasi guru, soal pretest, dan soal posttest. Teknik analisis data menggunakan Mann–Whitney U Test yang sebelumnya di lakukan uji normalitas dan homogenitas data. Hasil penelitian ini adalah (1) Aktivitas guru dalam proses pembelajaran kontekstual sudah berjalan baik sesuai dengan indikator/aspek dari pembelajaran kontekstual. (2) Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran kontekstual sudah sesuai dengan yang diharapkan, dilihat dari keterlaksanaan dan peningkatan indikator/aspek aktivitas siswa. (3) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran kontekstual dengan pembelajaran konvensional secara signifikan dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 70,00 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 54,68.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-18

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI