PENGARUH METODE RESITASI DENGAN DIBANTU LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMP DHARMA WANITA PARE


Author (Penulis)

TRI SEPTI RATNA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0031

Abstract

ABSTRAK Tri Septi Ratna Sari: Pengaruh Metode Resitasi Dengan Dibantu Lembar Kerja Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP Dharma Wanita Pare, Skripsi, Pend.Matematika, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2012. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya nilai post test pelajaran matematika siswa. Sehingga peneliti ingin menggunakan metode resitasi dibantu lembar kerja siswa dimana nantinya dapat berkreasi dan berinovasi dalam mengerjakan soal-soal dalam bentuk apa saja yang diberikan oleh guru. Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Mengetahui bagaimana penerapan metode resitasi dengan dibantu lembar kerja siswa pada meteri perbandingan kelas VII SMP Dharma Wanita Pare (2) Mengetahui apakah metode resitasi dengan dibantu lembar kerja siswa berpengaruh terhadap hasil belajar pada meteri perbandingan kelas VII SMP Dharma Wanita Pare,. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini Quasi Exsperimental Design yang menggunakan bentuk Nonequievalent Control Group Design dengan membandingkan hasil tes kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil analisa data dapat diketahui bahwa metode resitasi dengan dibantu lembar kerja siswa, hasil belajar siswa pada materi perbandingan kelas VII SMP Dharma Wanita Pare, menjadi lebih meningkat. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang dikenai metode resitasi dengan dibantu lembar kerja siswa lebih bagus daripada rata-rata hasil belajar siswa yang dikenai metode resitasi tanpa dibantu lembar kerja siswa yaitu sebesar 68,72 > 54,21. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1). Setelah menggunakan metode resitasi dengan dibantu lembar kerja siswa, hasil belajar siswa pada materi perbandingan kelas VII SMP Dharma Wanita Pare menjadi lebih meningkat. Siswa lebih aktif belajar individual maupun kelompok, siswa lebih mandiri diluar pengawasan guru, dapat membina tanggung jawab dan disiplin siswa, serta siswa lebih kreatif. (2). Ada pengaruh penerapan metode resitasi dengan dibantu lembar kerja siswa terhadap hasil belajar pada materi perbandingan kelas VII SMP Dharma Wanita Pare

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI