PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY-TWO STRAY UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH FUNGSI DITINJAU DARI THINKING SKILL SISWA KELAS VIII SMP PAWYATAN DAHA 2 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Author (Penulis)
MACHNUNA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0026
Abstract
Abstrak
Machnuna:Penerapan model cooperative Learning Tipe TS-TS Two stay – Two stray) dalam menyelesaikan masalah fungsi ditinjau dari Thinking skill siswa,Skripsi,Pendidikan Matematika,FKIP UN PGRI Kediri,2016
Kata Kunci : TS-TS,Cooperative Learning dan Thinking Skill
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa thinking Skill siswa SMP tergolong masih rendah. Hal tersebut terlihat dari hasil belajar siswa yang masih banyak yang berada dibawah KKM.
Permasalahan penelitian ini adalah (1)Bagaimanakah Thinking skiill siswa kategori Tinggi dalam menyelesaikan masalah fungsi? (2)Bagaimanakah Thinking skiill siswa kategori Sedang dalam menyelesaikan masalah fungsi? (3)Bagaimanakah Thinking skiill siswa kategori Rendah dalam menyelesaikan masalah fungsi?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP Pawyatan Daha 2 Kediri. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan instrumen berupa tes penggolongan,tes analisis,serta wawancara.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah(1)Berdasarkan data yang dianalisis dapat disimpulkan dari siswa yang berkategori tinggi meningkat menjadi berkategori semakin baik Thinking skill siswa dalam menyelesaikan masalah fungsi dengan pembelajaran Cooperative learning Tipe TS-TS. (2)Berdasarkan data yang dianalisis dapat disimpulkan dari siswa yang berkategori sedang meningkat menjadi berkategori tinggi Thinking skill siswa dalam menyelesaikan masalah fungsi. (3)Berdasarkan data yang dianalisis dapat disimpulkan dari siswa yang berkategori rendah meningkat menjadi berkategori sedang Thinking skill siswa dalam menyelesaikan masalah fungsi.