PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 2 GURAH
Author (Penulis)
SRI YULI ASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0024
Abstract
Abstrak
Sri YuliAstuti: Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dengan Model Pembelajaran Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Gurah, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP Universutas Nusantara PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Gurah masih didominasi oleh pembelajaran konvensional yang dilakukan guru.Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya pun juga rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan pembelajaran kontekstual dengan model pembelajaran tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aljabar pada kelas VII di SMP Negeri 2 Gurah?; (2) Adakah peningkatan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika pada materi aljabar melalui penerapan pembelajaran kontekstual dengan model pembelajaran tipe Snowball Throwing kelas VII di SMP Negeri 2 Gurah?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-postest dengan subyek penelitian siswa kelas VII-G SMP Negeri 2 Gurah yang berjumlah 40 siswa. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan instrument berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, lembar kerja siswa, lembar angket motivasi siswa, dan soal tes hasil belajar siswa.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Melalui bantuan pengolahan data menggunakan SPSS versi 21.0 for Window7 dengan taraf signifikansi ? = 0,05 perhitungan menunjukkan thitung untuk hasil belajar sebesar -12,375, sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% adalah 1,684. Karena thitung > ttabel terdapat peningkatan hasil belajar pada materi aljabar melalui penerapan pembelajaran kontekstual dengan model pembelajaran tipe snowball throwing pada kelas VII di SMP Negeri 2 Gurah; (2) Melalui bantuan pengolahan data menggunakan SPSS versi 21.0 for Windows7 terbukti ada peningkatan motivasi belajar siswa.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan pembelajaran kontekstual dengan model pembelajaran snowball throwing adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam mengkontruksi pengetahuannya sendiri pada saat kerjasama; (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah pembelajaran kontekstual dengan model snowball throwing sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.
Kata kunci: Pembelajaran Kontekstual, Snowball Throwing, motivasi belajar, hasil belajar.