Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa


Author (Penulis)

DWI ANDAYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0023

Abstract

ABSTRAK Dwi Andayani: Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SMK masih didominasi oleh aktifitas klasikal dengan didominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari kemampuan komunikasi matematis siswa yang rendah, yang pada akhirya hasil belajarnya pun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaning melalui pendekatan Reciprocal Teaching ? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaning melalui pendekatan Reciprocal Teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 pertemuan, menggunakan instrumen berupa RPP, Lembar Observasi Guru, Lembar Observasi Siswa, LKS, Pretes, dan Postes. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining melalui pendekatan Reciprocal Teacing terdapat pengaruh dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari keterlaksaan semua syntak model pembelajaran Student Facilitator and Explaining melalui pendekatan Reciprocal Teacing yaitu pada pertemuan pertama mencapai 75 % dengan kategori baik dan pada pertemuan kedua mencapai 86,18% dengan kategori sangat baik. Observasi aktifitas siswa pada pertemuan pertama mencapai 75,67% dengan kategori baik dan pada pertemuan kedua mencapai 91,93% dengan kategori sangat baik. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining melalui pendekatan Reciprocal Teacing pada kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai pretes kelas experimen dengan rata-rata 57,43 terjadi peningkatan sebesar 19,23 pada nilai postes kelas experimen. KATA KUNCI : Student facilitator and explaining, reciprocal teaching, kemampuan komunikasi matematis siswa

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-22

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI