Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Kartu Soal Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Terhadap Hasil Belajar Dan Komunikasi Matematis


Author (Penulis)

FAHMI SETYAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0022

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTU KARTU SOAL PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KOMUNIKASI MATEMATIS Fahmi Setyawan 12.1.01.05.0022 Fahmi.setyawan94@yahoo.com Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan ABSTRAK Fahmi Setyawan: Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Kartu Soal Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Terhadap Hasil Belajar Dan Komunikasi Matematis, SKRIPSI, PENDIDIKAN MATEMATIKA, FKIP UN PGRI KEDIRI, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak siswa yang masih kurang aktif dalam proses pembelajaran, masih ada siswa yang gaduh, tidak mau bertanya meski mereka tidak memahami materi, siswa tidak fokus pada pelajaran yang diajarkan oleh guru sehingga hasil pembelajaran tidak seperti yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantu kartu soal serta pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantu kartu soal terhadap komunikasi matematis siswa pada materi Persamaan Kuadrat siswa kelas X di SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian One Group Pre-test and Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri, kemudian pengambilan sampel dengan teknik purposive sample, yaitu kelas X-Teknik A sebagai kelas eksperimen. Proses pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantu kartu soal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh pembelajaran Numbered Heads Together berbantu kartu soal terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri pada materi persamaan kuadrat . Hal tersebut ditunjukkan dari hasil penelitian bahwa nilai Sig.(2-tailed) hasil belajar (0,002) < ? (0,05). Hasil t-hitung hasil belajar (-3,428) > ttabel (1,714), sehingga ????0 ditolak. Pembelajaran Numbered Heads Together berbantu kartu soal juga berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini ditunjukkan t-hitung untuk kemampuan komunikasi sebesar -3,053. Sedangkan t-tabel pada taraf signifikan 5% adalah 1,714. Nilai Sig.(2-tailed) kemampuan komunikasi (0,006) < ? (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, yaitu keberhasilan penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantu kartu soal pada mata pelajaran matematika khususnya persamaan kuadrat, maka diharapkan pada para guru agar dapat mengadopsi dan menguji coba pada materi lainnya yang sesuai dengan model pembelajaran ini. Kata kunci : Numbered Heads Together berbantu kartu soal, persamaan kuadrat, komunikasi matematis.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI