PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS ICT MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI-MIA MAN 3 KEDIRI PADA MATERI PROGRAM LINEAR


Author (Penulis)

IMELDA ICHA ASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak siswa Indonesia yang kemampuan pemahaman konsep rendah. Hasil Trends In International Mathematics And Science Study (TIMSS) tahun 2011 juga menunjukkan prestasi matematika siswa masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya karena kegiatan pembelajaran yang masih konvensional, dimana guru mendominasi kegiatan pembelajaran. Siswa lebih sering mendengarkan ceramah dari guru dalam menerima materi daripada aktif menemukan konsep sendiri. Pembelajaran berlangsung secara monoton tanpa dihadirkan media pembelajaran. Hal tersebut membuat pesan pembelajaran kurang maksimal diterima siswa, akibatnya siswa kurang memahami materi pelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh pembelajaran discovery learning berbasis ICT menggunakan software GeoGebra terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI-MIA MAN 3 Kediri pada materi program linier? (2) Apakah ada pengaruh pembelajaran discovery learning berbasis ICT menggunakan software GeoGebra terhadap hasil belajar siswa kelas XI-MIA MAN 3 Kediri pada materi program linier? Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang berlangsung pada bulan Juli-Agustus dengan subjek penelitian siswa kelas XI-MIA MAN 3 Kediri. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan post-test pemahaman konsep dan hasil belajar, serta lembar observasi aktivitas siswa. Desain penelitian ini adalah Posttest Only Control Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) pemahaman konsep (0,002) dan hasil belajar (0,000) < ? (0,05). Hasil t-hitung pemahaman konsep (3,150) > t-tabel (1,666) dan t-hitung hasil belajar (3,741) > t-tabel (1,666), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran discovery learning berbasis ICT menggunakan software GeoGebra terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas XI-MIA MAN 3 Kediri pada materi program linier. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar pembelajaran discovery learning berbasis ICT menggunakan software GeoGebra dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran yang diterapkan pada siswa dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Kata kunci : discovery learning berbasis ICT, software geogebra, pemahaman konsep, hasil belajar, program linear.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI