IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR SISWA KELAS IX MTs HASAN ALWI BANYAKAN KEDIRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA
Author (Penulis)
EVI RUSDIANA SETYAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0018
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh cara belajar siswa yang beraneka ragam tetapi masih harus mengikuti gaya mengajar gurunya, sehingga pelaksanaan pembelajaran di sekolah kurang maksimal. Keaneka ragaman tersebut dikenal sebagai gaya belajar. Menurut preferensi sensori, terdapat tiga jenis gaya belajar yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinestetik. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gaya belajar masing-masing jenis gaya belajar ditinjau dari kemampuan belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi masing-masing gaya belajar ditinjau dari kemampuan belajar matematika. Peneliti ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode pemberian tes gaya belajar, metode observasi siswa, dan metode wawancara. Hasil penelitian ini adalah identifikasi dari masing-masing gaya belajar ditinjau dari kemampuan belajar matematika. Gaya belajar visual siswa meliputi belajar dengan materi visual, melihat, membaca, rapi, rajin teliti, dan individual. Gaya belajar auditori siswa meliputi belajar dengan suara, ucapan, rekaman, musik, berbicara, dan berdiskusi. Gaya belajar kinestetik siswa meliputi belajar dengan praktek langsung, menemukan, penuh kegiatan fisik, gerakan, kurang rapi, dan kreatif.
Kata Kunci: gaya belajar visual, gaya belajar auditori, gaya belajar kinestetik