MODEL TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN METAKOGNISI SISWA PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR KELAS V111i SMP N 2 GROGOL


Author (Penulis)

HARWANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0015

Abstract

ABSTRAK Harwanto : Model TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa Pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar Kelas V111i SMP N 2 Grogol, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil wawancara dengan pembimbiing matematika SMP N 2 Grogol kelas VIIIi siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi Faktorisasi Suku Aljabar, diantaranya adalah (1) siswa mengalami kesulitan dalam memahami tentang variabel, mengaplikasikan variabel itu utuk apa dan diapakan. (2) sering muncul kebanyakan sifat-sifat yang digunakan dalam bentuk operasionalnya kebingungan, terbiasa dengan lambang variabel x. Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan model TAI (Time Assisted Individualization) untuk meningkatkan Metakognisi siswa pada materi Faktorisasi Suku Aljabar kelas VIIIi SMPN 2 Grogol?, (2) bagaimana kemampuan Metakognisi siswa kelas VIIIi SMPN 2 Grogol materi Faktorisasi Suku Aljabar pada penerapan model TAI (Team Assisted Individualization)?, (3) bagaimana peningkatan kemampuan Metakognisi siswa kelas VIIIi SMPN 2 Grogol pada materi Faktorisasi Suku Aljabar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIIIi SMPN 2 Grogol. Penelitian ini dilaksanakan selama dua kali pertemuan, dengan menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, soal kuis, lembar wawancara. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Pembelajaran yang dilakukan guru dengan model TAI (Time Assisted Individualization) untuk meningkatkan kemampuan Metakognisi berhasil dilakukan dengan kategori sangat baik dalam pertemuan pertama dan kategori sangat baik dalam pertemuan kedua. (2) Jadi siswa mampu menerapkan kemampuan metakognisi dengan baik melalui pelaksanaan model TAI (Team Assisted Individualization).(3) siswa kelas VIIIi SMPN 2 Grogol mengalami peningkatan kemampuan metakognisinya pada materi Faktorisasi Suku Aljabar melalui model TAI (Team Assisted Individualization). Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) tujuan pokok penggunaan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) adalah untuk mengembangkan kemampuan individu dengan cara belajar kelompok. Oleh karena itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan umpan balik secara interpersonal dengan siswa dan umpan balik secara kelompok. Kata Kunci : TAI (Team Assisted Individualization), metakognisi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI