PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR-CHECK PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA UPTD SMA NEGERI 1 NGADILUWIH TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

SHINTA ARIESTARANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0010

Abstract

ABSTRAK Shinta Ariestarani: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair-Check Pada Materi Statistika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA UPTD Sma Negeri 1 Ngadiluwih Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata Kunci: kooperatif, pair-check, hasil belajar, kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dari pengalaman peneliti selama melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan hasil penelitian terdahulu, bahwa proses pembelajaran yang masih didominasi oleh guru, akibatnya siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran yang pada akhirnya hasil belajar dan komunikasi matematis siswa menjadi rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Pair-Check di kelas XI IPA UPTD SMA Negeri 1 Ngadiluwih? (2) Apakah pembelajaran matematika materi Statistika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Pair-Check di kelas XI IPA UPTD SMA Negeri 1 Ngadiluwih dapat meningkatkan hasil belajar siswa? (3) Apakah pembelajaran matematika materi Statistika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Pair-Check di kelas XI IPA UPTD SMA Negeri 1 Ngadiluwih dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas XI-IPA SMA N 1 Ngadiluwih. Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan, menggunakan instrumen RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan postes. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair-check termasuk terlaksana dengan baik yang terlihat dari hasil lembar observasi guru dengan kriteria hasil baik dan hasil lembar observasi siswa dengan kriteria hasil cukup baik . (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi statistika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair-check. (3) Ada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi statistika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair-check. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan tujuan pokok penggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair-check adalah untuk mengembangkan kemampuan bekerjasama. Oleh sebab itu guru sebaiknya memposisikan sebagai motivator supaya siswa dapat termotifasi dalam meningkatkan prestasinya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI