PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI AKAR DAN PANGKAT TINGKAT X SMAN 6 KEDIRI


Author (Penulis)

ARFIAN SUGIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0007

Abstract

ABSTRAK Sugianto, Arfian. 2016. Pengaruh Model Direct Instruction dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Pangkat dan Akar Tingkat X SMAN 6 Kediri. Skripsi. Jurusan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri. KATA KUNCI : model pembelajaran langsung (direct instruction), motivasi belajar, uji Anova, pemahaman konsep materi ajar. Rendahnya prestasi belajar matematika merupakan permasalahan klasik yang selalu dihadapi dan terus diupayakan pemecahannya dalam pendidikan matematika. Permendiknas No. 22 tahun 2006 mengenai Standart Isi, menyatakan bahwa salah satu tujuan siswa belajar matematika yaitu agar siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah, yang di dalamnya meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model, dan menafsirkan penyelesaian masalah yang diperoleh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Direct Instruction dan motivasi belajar siswa terhadap pemahaman konsep pangkat dan akar tingkat X SMAN 6 Kediri. Pemasalahan penelitian ini meliputi (1) Adakah pengaruh model direct instruction terhadap pemahaman materi pangkat dan akar tingkat X SMAN 6 Kediri? (2) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap pemahaman materi pangkat dan akar tingkat X SMAN 6 Kediri? (3) Adakah interaksi antara model direct instruction dan motivasi belajar terhadap pemahaman siswa mengenai materi pangkat dan akar tingkat X SMAN 6 Kediri? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes berbentuk uraian dan angket (tertutup) dengan subjek penelitian siswa kelas X SMAN 6 Kediri yang terdiri dari dua kelompok yaitu eksperimen X-4 (33 siswa) dan kontrol X-12 (33 siswa). Teknik pengolahan data menggunakan uji Anova satu jalan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap pemahaman materi akar dan bentuk pangkat untuk kelas X SMAN 6 Kediri (2) Tidak ditemukan pengaruh motivasi belajar siswa terhadap pemahaman materi akar dan bentuk pangkat untuk kelas X SMAN 6 Kediri (3) Tidak ada interaksi antara model direct instruction dengan motivasi belajar terhadap pemahaman siswa mengenai materi pangkat dan akar tingkat X SMAN 6 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan untuk para pengajar agar dapat menerapkan sekaligus mengembangkan model pembelajaran langsung (direct instruction) pada proses pembelajaran matematika khususnya untuk menekankan suatu konsep materi, dan perlu pula diiringi dengan motivasi ekstrinsik terhadap siswa agar timbul minat belajar siswa dalam dirinya

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI