ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG BERBENTUK SOAL CERITA DITINJAU DARI GENDER


Author (Penulis)

SRIDIYAH SUGIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0005

Abstract

Kemampuan pemecahkan masalah merupakan salah satu dari standar utama dalam pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik. Dalam menyelesaikan masalah matematika, kemampuan pemecahan masalah setiap siswa pastilah berbeda-beda terutama jika dilihat dari jenis kelamin siswa, yaitu laki-laki dan perempuan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa perempuan pada materi bangun ruang sisi lengkung berbentuk soal cerita? (2) Bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa laki-laki pada materi bangun ruang sisi lengkung berbentuk soal cerita? (3) Bagaimana perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa perempuan dan laki-laki pada materi bangun ruang sisi lengkung berbentuk soal cerita?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IX-C SMP Negeri 1 Mojo. Hasil analisis terhadap pekerjaan subjek dalam menyelesaikan masalah pada materi bangun ruan sisi lengkung kelas IX-C yaitu: (1) Kemampuan pemecahan masalah subjek perempuan pada materi bangun ruang sisi lengkung sebagai berikut. (a) ketiga subjek mampu memahami masalah, (b) ketiga subjek tidak mampu merencankan penyelesaian pada data 1 soal nomor 3, (c) subjek dengan kemampuan rendah dan sedang banyak melakukan kesalahan operasi hitung, (d) subjek dengan kemampuan rendah dan sedang tidak memeriksa kembali. (2) Kemampuan pemecahan masalah subjek perempuan pada materi bangun ruang sisi lengkung sebagai berikut. (a) ketiga subjek mampu memahami masalah, (b) subjek dengan kemampuan matematika rendah dan sedang tidak mampu merencankan penyelesaian pada data 1 soal nomor 3, (c) subjek dengan kemampuan rendah dan sedang banyak melakukan kesalahan operasi hitung, (d) subjek dengan kemampuan rendah dan sedang tidak memeriksa kembali. (3) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah terletak pada subjek dengan kemampuan matematika tinggi yaitu subjek perempuan melakukan kesalahan operasi hitung pada data 1 soal nomor 1 dan 2 sedangkan subjek laki-laki tidak melakukan kesalahan operasi hitung.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI