Analisis Tingkat Kesehatan Bank Dengan Metode RGEC (Risk Profile , Good Corporate Covernance, Earning Dan Capital) Pada PT Bank Rakyat Indonesia Syariah Tahun 2014-2018


Author (Penulis)

APRILIA NIDAUL MUFAIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.04.0106

Abstract

Aprilia Nidaul Mufaidah, Analisis Tingkat Kesehatan Bank Dengan Metode RGEC (Risk Profile, Good Corporate Covernance, Earning dan Capital), UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI, Fakultas Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Ekonomi, 2019.

 

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya pengetahuan bagi masyarakat terutama bagi nasabah yang ingin menyimpan uang di bank syariah Mengingat kepercayaan masyarakat terhadap bank syariah rendah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Rasio RGEC untuk mengetahui Tingkat Kesehatan Bank  Pada PT Bank BRI Syariah  Ditinjau Dari  Aspek Rasio RGEC Untuk Periode  2014-2018.

Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas adalah metode RGEC, sedangkan variabel terikat adalah Kesehatan Bank. Adapun metode penelitian  yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ex Post Facto, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif . Analisis data yang digunakan adalah analisis RGEC yang terdiri dari Risk profile, Good coorporete Governance, Earning dan Capital. Data yang digunakan berasal dari laporan keuangan akhir tahun BRI Syariah yang dipublikasikan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari analisis yang dilakukan tingkat  kesehatan Bank Rakyat Indonesia Syariah selama periode 2014-2018 secara keseluruhan sehat. Hal ini dapat dilihat dari peringkat komposit yang diperoleh dari hasil  perhitungan faktor Risk Profile, GCG, Earning Dan Capital berada pada peringkat  komposit 2 yang berarti Sehat untuk periode 2015, 2016, 2017 dan 2018. Sedangkan periode  2014 peringkat komposit berada pada peringkat 3 yang berarti cukup sehat.  Hal ini terjadi karena pada faktor rentabilitas terdapat kelemahan dari berbagai aspek  manajemen risiko yang membutuhkan tindakan korektif segera. Kinerja bank BRI Syariah harus dipertahankan dengan cara menjaga tingkat kesehatan bank, dengan mengelola kemampuan aset, pengelolaan modal, serta pendapatan operasional, sehingga kualitas laba bank dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan.

 

 

KATA KUNCI  : Kesehatan Bank, RGEC (Risk Profile, Good Corporate Covernance, Earning dan Capital)

 

 


Keyword

Kesehatan Bank, RGEC (Risk Profile, Good Corporate Covernance, Earning dan Capital)

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi   Revisi XIV. Jakarta: Rineka Cipta.

Irmayanto,  Juli  dkk. 2009.  Bank  dan  Lembaga Keuangan. Jakarta: Universitas Trisakti

Jumingan,  S.E,  M.M,  M.Si. 2011.  Analisis Laporan  Keuangan. Jakarta:  PT Bumi Aksara.

Laporan keuangan BRI Syariah diakses tanggal 17 April 2018. www.idx.com

Laporan Good Corporate Governance BRI Syariah diakses tanggal 19 April 2018. www.brisyariah.co.id

Peraturan Bank Indonesia Nomor 13/1/PBI/2011 tanggal 5 Januari 2011 tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum.( www.bi.go.id)

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,  Kualitatif dan R&D). Cetakan ke 15 . Bandung: Alfabeta.

Surat Edaran Bank Indonesia No.13.2011. “Surat Edaran Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum No.13/24/DPNP’’, diakses pada Tanggal 5 Mei 2015 (www.bi.go.id)

Taswan. 2010. Manajemen Perbankan: Konsep, Teknik, dan Aplikasi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Yogyakarta

 


PUBLISHED

2019-07-25

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade