ANALISIS EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI, PEMUNGUTAN PAJAK HOTEL DAN RETRIBUSI KEBERSIHAN SEBAGAI SUMBER PAD KOTA KEDIRI TAHUN 2013-2015


Author (Penulis)

AMELIA NOVITA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.04.0063

Abstract

ABSTRAK Amelia Novita Sari: Analisis Efektifitas dan Efisiensi, Pemungutan Pajak Hotel dan Retribusi Kebersihan Sebagai Sumber Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kota Kediri Tahun Penelitian 2013-2015,Skripsi,Pendidikan Ekonomi,FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menghitung dan menganalisis tingkat efektif pemungutan pajak hotel dan retribusi kebersihan selama tahun anggaran 2013-2015 (2) Untuk menghitung dan menganalisis tingkat efisien pemungutan pajak hotel dan retribusi kebersihan selama tahun 2013-2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan fokus penelitian terhadap efektifitas dan efisiensi, pajak hotel dan retribusi kebersihan di Kota Kediri selama periode 2013-2015.Lokasi penelitian pada DISPENDA dan DKP Kota Kediri. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil analisis efektifitas pajak hotel pada tahun 2013 sebesar 126%, tahun 2014 sebesar 119,37%, tahun 2015 sebesar 114% hal ini menunjukkan klasifikasi kriteria nilai yang sangat efektif. Dan hasil analisis efektifitas retribusi kebersihan pada tahun 2013 sebesar 150,97%, tahun 2014 sebesar 108,54%, tahun 2015 sebesar 107,46% hal ini menunjukkan klasifikasi kriteria nilai yang sangat efektif. (2) Hasil analisis efisiensi pajak hotel dan retribusi kebersihan menunjukkan klasifikasi kriteria yang sangat efisien, sebab hasil rata-rata efisien pajak hotel pada tahun 2013-2015 sebesar 5,10%, dan rata-rata efisien retribusi kebersihan pada tahun 2013-2015 sebesar 5%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Bagi petugas penerimaan pajak hotel di Dinas Pendapatan, dalam rangka mengantisipasi tingkat kecurangan wajibpajak dalam melaporkan omset penghasilan brutonya perlu adanya kegiatan pemeriksaan secara mendadak terhadap wajib pajak atas banyaknya hotel yang ada di kota Kediri, pemeriksaan maksimal dilakukan dalam waktu 1 (satu) tahun diadakan 3 (tiga) kali pemeriksaan. Mengingat kota Kediri merupakan sebuah kota yang perkembangannya tergolong sangat pesat. (2) Bagi pihak Dinas Kebersihan dan Pertamanan perlunya meningkatkan kuantitas sumber daya manusia dalam hal jumlah kolektor / pemungut retribusi kebersihan yang bertugas dalam melaksanakan pungutan perlu ditambah lagi agar dapat membantu meningkatkan penerimaan retribusi kebersihan. KATA KUNCI :Efektifitas, Efisiensi, Pajak Hotel, dan Retribusi Kebersihan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-02

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI