EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENERIMAAN KAS (STUDI KASUS PADA CV. BUKIT SURYA ABADI)


Author (Penulis)

INDRA JATMIKO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.04.0029

Abstract

ABSTRAK Indra Jatmiko: Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Atas Penerimaan Kas (Studi Kasus Pada CV. BUKIT SURYA ABADI), Skripsi, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Kegururan dan Ilmu pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016 Kata kunci: sistem, pengendalian internal, akuntansi penerimaan kas. Penelitian ini dilatar belakangi hasil evaluasi dalam sistem akuntansi penerimaan kas, CV. Bukit Surya Abadi memiliki prosedur penanganan piutang pelanggan instalasi listrik pemasangan baru. Meskipun telah memiliki prosedur penanganan piutang pelanggan tersebut, tetapi masih belum efektif, hal tersebut dapat dilihat dari belum adanya dokumen bukti hasil penagihan sehingga memungkinkan terjadinya penyelewengan oleh Tim Khusus Penagih. Selain itu CV. Bukit Surya Abadi belum memiliki prosedur kebijakan mengenai jaminan persyaratan pelanggan yang menunggak. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana sistem akuntansi penerimaan kas dan sistem pengendalian internal atas penerimaan kas yang diterapkan di CV. Bukit Surya Abadi? Penelitian ini menggunakan uji terhadap pengendalian Internal piutang yang mengacu kerangka kerja COSO pada unsur pengendalian Internal yang ada di CV. Bukit Surya Abadi. Sistem pengendalian interal terhadap penerimaan kas penting untuk dilaksanakan karena efektivitas perusahaan perlu diperhatikan. Studi ini bertujuan untuk mengetahui sistem akuntansi penerimaan kas dan untuk mengetahui sistem pengendalian Internal atas penerimaan kas di CV. Bukit Surya Abadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam sistem akuntansi penerimaan kas dari piutang pendapatan pelanggan instalasi listrik pemasangan baru di CV. Bukit Surya Abadi belum ada kebijakan yang jelas mengenai jaminan persyaratan pelanggan yang menunggak dan belum adanya dokumen bukti hasil penagihan pelanggan. sedangkan dalam sistem pengendalian Internal yaitu belum ada pemisahan fungsi antara bagian kasir dan bagian pencatatan, belum adanya pemeriksaan mendadak terhadap pihak yang akan diperiksa tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, dan belum terdapat satuan pengawas Internal. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini perusahaan sebaiknya memiliki kebijakan yang jelas mengenai jaminan yang disyaratkan terhadap pelanggan yang menunggak, dibuat dokumen bukti hasil penagihan piutang terhadap pelanggan. Perusahaan juga harus memisahkan fungsi terkait serta membentuk tim khusus pengawas internal dan melakukan pemerikasaan mendadak kepada karyawan untuk meningkatkan tanggung jawab.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-13

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI