ANALISIS PENERAPAN METODE BALANCE SCORECARD UNTUK PENGUKURAN KINERJA PADA GANYSHA KUE PIE KERING


Author (Penulis)

BINTI LAILATUL ROHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.04.0010

Abstract

ABSTRAK Binti Lailatul Rohmawati : Analisis Penerapan Metode Balance Scorecard Untuk Pengukuran Kinerja Pada Ganysha Kue Kering, Skripsi, Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Balance Scorecard merupakan suatu sarana untuk mengkomunikasikan persepsi strategis dalam suatu perusahaan secara sederhana dan mudah dimengerti oleh berbagai pihak dalam perusahaan, terutama pihak-pihak dalam organisasi yang akan merumuskan strategi perusahaan. Pengertian Balance Scorecard dapat juga sebagai rapor kinerja yang seimbang (Balance). Scorecard adalah kartu yang digunakan untuk mencatat skor hasil kinerja seseorang dan suatu kelompok, dan untuk mencatat rencana skor yang hendak diwujudkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengukuran kinerja perusahaan dari segi keuangan dan non keuangan. Tujuannya untuk mengetahui penerapan metode Balance Scorecard untuk mengukur kinerja pada “Ganysha Kue Pie Kering”. Variabel dependen pada penelitian ini adalah pengukuran kinerja sedangkan Variabel independen adalah Balance Scorecard. Teknik penelitian yaitu metode Ex Post Facto dengan pengambilan data laporan keuangan dan non keuangan. Populasi penelitian ini data laporan keuangan dan non keuangan tahun 2011-2015 di Ganysha dengan Sampel data laporan keuangan dan non keuangan tahun 2013-2015, dengan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen penelitian yang dipakai adalah Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan kuantitatif melalui penggunaan rumus keempat perspektif Balance Scorecard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perspektif keuangan ROI tahun 2014 sebesar 1.01% dan tahun 2015 5,19% peningkatan 4,18%. Margin Laba Kotor tahun 2014 38,1% dan tahun 2015 48,8% peningkatan 10,7%. Current Ratio tahun 2014 217,2% dan tahun 2015 200% penurunan 17,2%. TATO tahun tahun 2014 103,9% dan tahun 2015 175,9% peningkatan 72%. Profit Margin tahun 2014 0,97%, dan tahun 2015 3% peningkatan 2,03%. (2) Perspektif pelanggan Customer Retention tahun 2014 sebesar 78% dan tahun 2015 79% peningkatan 1%. Customer Acquisition tahun 2014 sebesar 22% dan tahun 2015 21% penurunan sebesar 1%. Customer Complain tahun 2014 sebesar 3,7% dan tahun 2015 1,8% penurunan 1,9%. (3) Perspektif Proses Bisnis Internal proses inovasi tahun 2014 sebesar 54% dan tahun 2015 69% peningkatan sebesar 15% dan proses PMDR tahun 2014 sebesar 37% dan tahun 2015 44% peningkatan 7% (4) Perspektif Pembelajaran Dan Pertumbuhan baik. Kata kunci : Metode Balance Scorecard, Pengukuran Kinerja

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-13

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI